Jumat, 27/05/2022 | 22:05 WIB
Gresik Satu

Gelar Tradisi Megengan, Siswa KB TK YIMI Gresik Hias Kentongan Sambut Ramadhan 

Teks foto : Para siswa KB TK YIMI tampak senang menghiasi kentongan dan memukul kentongan di perayaan tradisi Megengan sambut Ramadhan (Faiz/ gresiksatu.com)

GresikSatu | Serba – serbi perayaan bulan ramadhan sudah terasa di Kelompok Bermain (KB) Taman Kanak-kanak (TK) Yayasan Malik Ibrahim (YIMI). Sekolah yang berada di Jalan Keramat Langon, Pulopancikan, Gresik itu, melakukan tradisi megengan.

Tradisi itu, dalam masyarakat Jawa biasanya untuk menyambut Bulan Ramadhan. Uniknya dalam menyambut ramadhan serta megengan, para siswa diajak menghiasi kentongan.

Pantauan di lapangan, para siswa tampak antusias menghiasi kentongan yang terbuat dari bambu. Beberapa siswa bahkan mengukir nama sekolah ke dinding kentongan. Mereka terlihat senang, ketika para guru meminta untuk memaikan suara kentongan.

Baca Juga : Menginpirasi, Penyandang Disabilitas ini, Raih Gelar Sarjana dengan Nilai Memuaskan

Kepala Sekolah KB TK YIMI Kristantin menyampaikan, peringatan Megengan ini secara rutin dilakukan jelang Ramadhan. Mengajak siswa memahami tentang tradisi Megengan, yang artinya menahan sebagaimana makna puasa ramadhan.

“Kenapa kok kentongan, alat musik tradisional ini identik dengan cara orang dulu mengirimkan pesan melalui suara dan membangunkan orang ketika sahur,” katanya Kamis (31/3/2022).

Baca Juga : Sambut Bulan Ramadhan, SD YIMI Gelar Kirab Warung Buka Sore Tutup Isuk 

Diharapakan dengan menghiasi kentongan, para siswa ini tidak lupa akan tradisi dari nenek moyang. Selain itu, mengajak mereka untuk aktif beribadah di Bulan Ramadhan. Salah satunya membangunkan orang sahur.

“Kentongan ini untuk memotivasi anak-anak untuk lebih aktif ibadah di Bulan Ramadhan. Membangunkan ibadah sahur juga termasuk ibadah,” jelasnya. (faiz/sah)