Sabtu, 26/11/2022 | 18:52 WIB
Gresik Satu
Berita Gres Pemerintahan

Gercep, Kadisparekbudpora Gresik Gagas Wisata Religi Terintegrasi

Gresiksatu.com
Kadisparekbudpora bersama rombongan saat sidak di kawasan wisata religi Sunan Giri Gresik (Foto :Faiz /Gresiksatu.com)

GresikSatu | Sehari pasca dilantik, menjadi Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disparekrafbudpora) drg Saifudin Ghozali langsung gerak cepat (gercep) melakukan inspeksi mendadak (sidak), di Wisata Religi Sunan Maulana Malik Ibrahim dan Sunan Giri. 

Dalam Sidak ini, mantan Kadis KBPPPA Gresik itu minta tingkatkan kebersihan wisata religi. Pasalnya saat melihat wisata Sunan Giri, beberapa area depan wisata terlihat kumuh. 

“Perlu ada penataan para pedagang, parkir angkutan wisata agar wisata religi bersih. Karena kebersihan syarat utama kenyamanan wisatawan,” ucap Ghozali, Sabtu (19/11 /2022) 

Menurut dia, sidak yang dilakukan ini juga sebagai tindak lanjut arahan Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani. Mengingat dua objek wisata ini menjadi icon Kota Santri. 

“Baik buruk pengelolaannya akan berdampak juga pada reputasi Gresik sebagai kawasan wisata religi dan industri ekonomi kreatif,” jelas Ghozali.

Selain itu, dalam sidak tersebut, pihaknya akan terus melakukan sinergitas bersama para pelaku UMKM lokal, untuk meningkatkan penjualan dan pemasaran di Kawaan wisata religi. 

“Kita ingin UMKM menjadi sektor yang maju dan terdampak positif dari proses transformasi pariwisata di Gresik. Apalagi ke depan Gresik akan punya pola ‘jalur sutra’, sebuah konsep pengelolaan pariwisata, budaya, ekonomi kreatif yang integratif dan holistik,” tuturnya. 

“Nawakarsa Bupati Gresik, harus menjadi sumber inspirasi dan semangat kita semua,” tambahnya disela-sela sidak di wisata religi Sunan Giri. (faiz/aam)

Baznas Gresik