Sabtu, 26/11/2022 | 19:29 WIB
Gresik Satu
Berita Gres Olahraga

Gresik United Tekuk PSIM 2-0, Andik: Kita Paham Taktik Lawan!

whatsapp image 2022 10 02 at 04.28.06
Asisten pelatih Gresik United Andik Ardiansyah (kanan) bersama kapten tim I Gede Sukadana (kiri) pada sesi jumpa pers usia laga, Sabtu (1/10/2022) di stadion Joko Samudro. / (Foto:TBK/GresikSatu.com)

GresikSatu I Berkat taktik berjalan dengan baik di lapangan, Gresik United sukses menjaga tren positif, PSIM Yogyakarta di gilas dengan skor 2-0 di stadion Gelora Joko Samudro, Sabtu (1/10/2022) pada pekan ketujuh Liga 2 grup B.

Usai laga, asisten pelatih Gresik United Andik Ardiansyah mengatakan pemain sudah menjalankan istruksi dengan benar di lapangan. Mengapresiasi kerja keras pemain yang sudah memberi kemenangan dan menjaga tren positif.

“Setidaknya apa yang dilakukan ditim sukses, antisipasi tim lawan, kita sudah paham permainan dan taktik mereka. Mengenai cetak open play, tapi setidaknya kan kita perkuat terus dan di babak pertama kita dapat itu,” ujarnya.

Andik menambahkan PSIM tim bagus, baik secara kolektif maupun individu. Tapi semua sudah diantisipasi oleh pemain dan tim pelatih. salah satunya dengan cara bermain lebih mengandalkan transisi. Hasilnya bisa di dapat hari ini dan secara keseluruhan tim sukses pada laga kali ini.

“Kita berusaha memanfaatkan kelemahan lawan, Mereka tim bagus, punya individu yang bagus. Dari situ kita sudah antisipasi secara taktik, kita coba cara dengan transisi dan berhasil, kita dapat beberapa peluang dapat dari situ. Ya, sukses secara tim untuk pertandingan hari ini,” ungkapnya.

Andik melanjutkan untuk meredam strategi PSIM yang memiliki materi bagus, dengan cara bermain lebih sabar, menjaga keseimbangan dan bertahan. Kemudian sesekali dengan melakukan serangan balik (counter attack). Itu menjadi bagian dari strategi yang tim pelatih berikan kepada pemain.

“Pertandingan tadi kita melakukan difense (bertahan) lebih dulu, kemudian melakukan serangan balik, memanfaatkan peluang. Kita memiliki pemain yang memiliki kecepatan. Jika kita imbangi lawan dengan open play akan kesusahan. Jadi itu strategi kami,” ujar eks pemain timnas U-19 ini.

Pertandingan tadi lanjut Andik, sepanjang laga tim lawan lebih banyak menguasai ball possesion, lebih dominan bahkan mampu beberapa kali mengancam gawang. Tapi cara bertahan pemain belakang yang bagus, didukung dengan lini tengah yang memiliki kecepatan, akhirnya bisa merubah situasi pertandingan.

“Mereka menguasai laga, kami hanya 45 persen. Tapi strategi yang dijalankan diaplikasikan dengan baik pemain di lapangan. Hasilnya bisa dilihat, kami memenangi pertandingan. Mudah-mudahan tren positif ini bisa terjaga pada laga selanjutnya,” ungkapnya.

Kemenangan ini mengantarkan tim berjuluk Laskar Joko Samudro meroket ke peringkat 3 klasemen sementara grup B dengan poin 10. (Tov)

 

 

Baznas Gresik