Jumat, 27/05/2022 | 21:42 WIB
Gresik Satu

Gus Yani Dampingi Menko Bidang Perekonomian Resmikan Yellow Clinic Gresik

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto didampingi Bupati Gresik, Fandi Akhamd Yani saat meresmikan Yellow Clinic, Sabtu (19/2/2022)./ Foto: TBK
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto didampingi Bupati Gresik, Fandi Akhamd Yani saat meresmikan Yellow Clinic, Sabtu (19/2/2022)./ Foto: TBK

GresikSatu I Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto menghadiri sekaligus meresmikan Grand Opening Yellow Clinic di komplek Ruko Jalan Gubernur Suryo, Karangturi, Kecamatan Gresik. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti pada Sabtu (18/2/2022).

Peresmian dihadiri Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, sejumlah Direktur Jenderal (Dirjen), dan Anggota DPR RI Dyah Roro Esti Widya Putri. Hadir pula Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, serta Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gresik dr. Husna.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto mengatakan, berdirinya Yellow Clinic dengan berbagai fasilitas yang ada diharapkan dapat ikut serta berkontribusi membantu pemerintah daerah (Pemda) dalam memberikan akses layanan kesehatan yang cepat, mudah, dan nyaman.

“Dengan berdirinya Yellow Clinic ini, dan sekaligus selesainya pembangunan seluruh fasilitas, semoga dapat membantu pemerintah memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat, khususnya melayani BPJS seperti yang sudah dilakukan di klinik-klinik yang lain,” kata Airlangga.

Airlangga menuturkan, kehadiran klinik sangat penting bagi sektor kesehatan. Terlebih dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini, masyarakat sangat butuh pelayanan kesehatan terbaik. Apalagi Gresik merupakan wilayah aglomerasi Surabaya Raya.

“Kami memandang klinik adalah bagian penting dari sektor kesehatan apalagi dalam masa pandemi Covid-19 saat ini, kita lihat Gresik sekarang berada di level 3, dimana Gresik merupakan bagian dari wilayah Aglomerasi dari Surabaya yang saat ini di level 4, untuk itu kita harus berhati-hati, intinya adalah protokol kesehatan dan vaksinasi,” terangnya.

Berdirinya Yellow Clinic diprakarsai oleh Dwi Hartanto selaku pemilik sekaligus Direktur Utama (Dirut). Sementara pendirian klinik terinspirasi dari ide Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto.

“Klinik Gresik ini idenya sejak awal dari Pak Menko, dan ini merupakan Klinik yang ke 8 di luar jakarta, setelah Gresik tentunya masih banyak lagi yang akan kita dirikan, dan dokternya rekrutmen 4, dan nantinya akan bekerjasama dengan BPJS,” kata Dwi Hartanto.

Dwi Hartanto mengungkapkan, Yellow Clinic yang diberdiri di Kabupaten Gresik ini merupakan kantor cabang ke 8 dari seluruh Yellow Clinic se-Indonesia. Menurutnya, keberadaan klinik ini akan memberikan layanan khususnya pemberian vaksinasi bagi masyarakat, tidak terkuali tenaga kerja di perusahaan.

“Klinik ini nantinya juga akan melayani vaksinasi khususnya pekerja proyek smelting,” terangnya.

Sementara Bupati Gresik Gresik Fandi Akhmad Yani ikut bangga atas berdirinya Yellow Clinic ini, karena ke depan akan sangat bermanfaat dan membantu masyarakat.

“Mudah-mudahan klinik ini bermanfaat di masyarakat sekitar, apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, saya juga berharap juga keterlibatan masyarakat lokal dilibatkan,” tutur Gus Yani Sapaan akrab Bupati Gresik.

Demi meningkatkan layanan kesehatan terutama di Yellow Clinic, Gus Yani menegaskan pemerintah daerah akan memback up penuh. Baik fasilitas maupun pelayanan BPJS Kesehatan.

“Wilayah kesehatan paling utama, hari ini sudah ada pelayanan BPJS, untuk itu kita akan beckup penuh yellow Klinik, kita juga pastikan kearifan lokal untuk bersinergi,” ujarnya.

Untuk diketahui, Yellow Clinic ditunjang dengan beberapa fasilitas. Klinik ini juga memiliki 4 dokter dan sejumlah perawat yang siap melayani pasien.**