Minggu, 03/07/2022 | 18:39 WIB
Gresik Satu
Viral

Hari Lahir Pancasila, Santri-Siswa Ponpes Penaber Punguti Sampah di Pantai Cena Bawean

Ratusan santri dan siswa MTs Ponpes Penaber melakukan aksi pungut sampah di pantai Pulau Cena Bawean, Rabu (1/9/2022)./ (Faiz/gresiksatu.com)

GresikSatu I Ratusan santri dan siswa Pondok Pesantren Penaber Bawean melakukan aksi giat bersih-bersih sampah yang ada di pantai Pulau Cena Desa Teluk Jatidawang Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik , Rabu (1/6/2022).

Kegiatan bersih-bersih pantai itu dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila yang setiap tanggal 1 Juni. Ratusan santri putra dan putri memungut sampah yang menumpuk di bibir pantai Pulau Cena yang dipimpin langsung oleh Kepala MTs dan juga pengasuh Pondok Pesantren penaber, Hasanuddin.

Hasanuddin menjelaskan budaya bersih harus ditanamkan sejak dini, agar para pemuda khususnya santri bisa terbiasa dengan budaya bersih sekaligus mencintai alam.

“Ini merupakan aksi gerakan sadar sampah yang harus kita tanamkan sejak dini,” katanya.

Baca Juga: Sambut Hari Lahir Pancasila, Wisata di Gresik Bangun Monumen Garuda Raksasa

Ditempat yang sama, Agus Sufiana yang merupakan satu diantara pembina Organisasi Intra Sekolah (Osis) menyebut permasalahan sampah yang menumpuk di bibir pantai dapat menyebabkan terganggunya keasrian lingkungan dan akan berdampak ke habitat ekosistem yang ada.

“Pantai yang kotor tidak enak dipandang mata dan akan memunculkan masalah yang komplek,” ungkapnya.

Perlu diketahui bahwa banyaknya sampah di pantai Cena akibat kurangnya kesadaran pengunjung wisata dengan sisa makanan dan minuman (sampah) yang ditinggalkan begitu saja. (Faiz/Tov)

Full Day School