Senin, 03/10/2022 | 19:09 WIB
Gresik Satu
Uncategorized

Ikrar Wakaf Tidak Berhenti, MWC NU Balongpanggang Gresik Segera Data Aset

Tiga orang wakif mengucap ikrar wakaf kepada Nazir dihadapan KUA dan para penerima wakaf di Masjid Alfalah Balongpanggang, Rabu (9/2/2022)./ Foto: TBK
Tiga orang wakif mengucap ikrar wakaf kepada Nazir dihadapan KUA dan para penerima wakaf di Masjid Alfalah Balongpanggang, Rabu (9/2/2022)./ Foto: TBK

GresikSatu I Situasi pandemi covid-19 tidak menghalangi tim Nadzir Wakaf MWC NU Balongpanggang yang terus menjalankan tugasnya mengurusi ikrar wakaf di masjid Al Falah, Rabu (9/2/2022).

Tim Wakaf yang di terdiri dari K. Farihin, H. Mohammad Mahmud, KH. Hisol Muttaqin dan H. Fauzan Adlim.
Di dampingi pengurus LWP yang terlibat adalah Samsul Arif, Heri Purwanto dan Ponco Bawono, memfasilitasi ikrar wakaf tanah masjid dan musholla.

Di hadapan H. Nasichun Amin Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf (PPAIW) KUA Balongpanggang 3 orang Wakif mengucap ikrar wakaf kepada Nazir dihadapan KUA dan para penerima wakaf.

Para Wakif yang mengucapkan ikar wakaf yakni Setiyo Djainul Anam (2 bidang tanah produktif Masjid Hidayatul Mujtahidin Kedungpring), H. Suto (Mushola Al Amin Dusun Prambon Desa Klotok) dan Moh. Arsyim (Masjid Nurul Huda Dusun Tempuran Desa Pinggir).

Perlu diketahui, sebagaimana dilansir dari laman resmi Kemenag RI, setelah pengucapan ikrar wakaf Kepala KUA membuat akta ikrar wakaf dan juga surat pengesahan. Kepala KUA memberikan salinan akta ikrar kepada pihak Wakif maupun Nazhir.

Prosedur resmi setelah itu dilaksanakan penandatanganan Ikrar Wakaf (W1) bagi Wakif yang masih hidup dan Akta Ikrar Wakaf (AIW)/Akta Pengganti Akta Ikrar Wakaf (APAIW). Setelah semua surat surat lengkap, diketik oleh petugas KUA untuk di jadikan surat kuasa kepada PPAIW, kemudian diproses pendaftarannya ke BPN Kabupaten.

Berikutnya meski sejumlah aset masih dalam proses pendataan, Tim Nadzir Wakaf MWC NU Balongpanggang terus bergerak memfasilitasi ikrar wakaf.

H. Mohammad Mahmud selaku koordinator menuturkan dalam waktu dekat, ada beberapa Wakif yang juga akan menyatakan kesiapannya mengucapkan ikrar wakaf.

Tidak hanya itu, tim Nadzir MWC NU Balongpanggang selalu memotivasi diri untuk segera menyelesaikan pendataan aset NU yang tersebar di setiap Desa.

“Alhamdulillah, di masa pandemi kami masih semangat untuk terus bergerak. Setelah 3 wakif ini, akan ada wakif lainnya yang segera menyusul. Kami juga akan berusaha untuk melakukan pendataan aset NU yang tersebar di Desa,” jelasnya.**