Selasa, 09/08/2022 | 21:15 WIB
Gresik Satu
Berita Gres Hukrim

Imbas Tol KLBM, Ratusan Makam di Desa Lebanisuko Gresik Dibongkar

Gresiksatu.com
Teks foto : Para penggali makam saat membawa mayat yang akan dipindahkan di makam umum Desa Lebanisuko, Wringinanom, Gresik (Istimewa)

GresikSatu | Imbas pembangunan jalan tol Krian–Legundi–Bunder–Manyar (KLBM), ratusan makam warga di Dusun Sumbersuko, Desa Lebanisuko, Kecamatan Wringinanom, Gresik dibongkar. Ada sekitar 390 makam yang akan dibongkar. 

Kepala Desa Lebanisuko Mustofa membenarkan pembongkaran itu. Rencananya, mayat yang dibongkar dipindahkan ke tempat pemakaman baru. Berjarak 600 meter dari lokasi makam umum yang dibongkar itu. 

“Imbas jalan tol. Mau gak mau harus dibongkar dan dipindahkan,” katanya, Sabtu (25/6/2022). 

Menurutnya, pembongkaran malam sudah terhitung lima hari sejak Senin (20/6/2022). Dengan dibantu 26 orang penggali makam dan alat bantuan ekskavator. 

“Ada bantuan ekskavator kecil untuk melakukan pencarian sisa-sisa jenazah yang belum ketemu. Ini masih ketemu 200 lebih,” ujarnya.

Sejauh ini, saat dilakukan pembongkaran tidak ada penolakan dari warga. Bahkan jauh hari sudah dilakukan sosialisasi pemindahan makam itu. 

“Warga tidak ada yang protes dan sudah tau kalau jalan tol KLBM akan melintas  disini dan akan dibangun,” jelasnya. (faiz/aam)