Minggu, 03/07/2022 | 19:28 WIB
Gresik Satu
Kesehatan

Ini Yang Dilakukan RS Semen Gresik, Saat Peringati Hari Donor Darah Se Dunia

GresikSatu.com
Teks foto : Kepala RS Semen Gresik dr Hendrawan W, Sp.Rad Ikut Serta dalam Giat Donor Darah di RS Semen Gresik (Faiz /gresiksatu.com)

GresikSatu | Dalam memperingati hari donor se dunia, Rumah Sakit Semen Gresik (RSG) gelar donor darah bersama palang merah Indonesia (PMI) Gresik. Total ada 160 pendonor yang ikut serta dalam membantu peningkatan penambahan stok darah harian.

Tampak para calon pendonor memadati area ruang pertemuan Rumah Sakit. Baik dari pegawai rumah sakit, masyarakat, hingga siswa sekolah. Dalam momen kali ini, RS Semen Gresik membantu sebanyak 160 kantong darah.

Salah satu pendonor Najwa Anasta Safira siswi kelas XI SMK NU Trate ini mengaku sejak pagi sudah berada di RS. Dirinya tidak menunggu lama, langsung melakukan donor. “Pengen donor saja ini, ya datang kesini sendiri saja,” katanya saat darahnya diambil, Selasa (14/6/2022).

Kegiatan Stok Darah Harian Perlu Ditingkatkan

Sementara itu, petugas Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Gresik Dian mengatakan, kegiatan stok darah harian perlu ditingkatkan. Meski saat ini stok darah di PMI terdapat 775 kantong. Karena dalam sehari UTD PMI Gresik biasanya mengambil darah hanya 30 kantong di Kantor PMI.

“Itupun pendonor yang berdonor ke Kantor PMI di jalan Dr Wahidin Sudirohusodo. Padahal  PMI menerima permintaan darah sebanyak 50 kantong setiap harinya,” katanya.

Untuk itu, pihaknya mengaku siap menjemput bola ke instansi – instansi untuk meningkatkan kouta kantong darah. “Kami juga sering setiap hari juga jemput bola ke instansi-instansi,” imbuhnya.

Kepala Rumah Sakit Semen Gresik (RSSG) Hendrawan Widjanarko menyebut, saat ini kebutuhan untuk golongan darah tertentu terbilang sulit. Oleh karena itu, pihaknya  berupaya membantu kebutuhan tersebut.

“Kami juga sering meminta permintaan darah PMI  untuk kebutuhan pasien,” ucapnya.

Dokter spesialis radiologi ini menambahkan, dalam waktu  sehari RSSG membutuhkan setidaknya 10 sampai 20 kantong. Namun jika ada ada kasus tertentu, tentu RSSG membutuhkan 20 kantong lebih.

“Alhamdulillah ini pegawai banyak yang donor, kemudian masyarakat sekitar. Hari ini kami targetkan bisa mendapatkan 160 kantong,” tambahnya memungkasi. (faiz/aam)

 

Full Day School