21.4 C
Indonesia
Rab, 7 Desember 2022
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

21.4 C
Indonesia
Rabu, 7 Desember 2022 | 23:35:44 WIB

Inilah 5 Perusahaan Besar Paling Terkenal di Gresik yang Banyak Diburu Pelamar Kerja

ADVERTISEMENT

SCROLL UNTUK LANJUTKAN MEMBACA

GresikSatu | Gresik dikenal sebagai kota industri, dimana meluasnya pasar perusahaan yang didirikan dengan berbagai macam jenis. Mulai dari industri elektronik, industri pupuk, industri semen, industri tekstil, hingga industri makanan siap saji.

Banyaknya perusahaan secara tidak langsung berimplikasi terhadap perekonomian daerah. Gresik sebagai kabupaten dengan UMK tertinggi nomor dua di Jawa Timur, menjadi semakin padat diakibatkan perpindahan penduduk. 

Berikut 5 perusahaan besar Gresik, yang banyak diminatu calon pelamar kerja. 

1. PT Petrokimia Gresik
Gresiksatu.com
Aktivitas di dalam gedung (Foto : Humas Petrokimia)

PT Petrokimia Gresik adalah perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan pupuk. Didirikan pada tanggal 10 Juli 1972. Memiliki anak perusahaan lainnya seperti : PT Petrosida, PT Kayaku, PT Petrokimia Jordan Abadi, PT KIG, Petronika, PT Pupuk Indonesia Pangan, Petrocentral, Asean Potash Chaiyaphum, Puspetindo, Petrowidada.

PT Petrokimia Gresik berada di jalan Jenderal Ahmad Yani, Karangpoh, Gresik. Ia juga memiliki gedung olahraga, rumah sakit, dan juga stadion besar untuk turnamen.

Baca juga:  Dinas Damkarla Kabupaten Gresik Gelar Diklat Untuk Tingkatkan Kualitas Pelayanan 
2. PT Semen Gresik
Gresiksatu.com
Semen Gresik (foto : Ig @semengresikofficial)

PT Semen Gresik berganti nama perusahaan menjadi Semen Indonesia yakni perusahaan penghasil semen terbesar di Indonesia. Didirikan tanggal 7 Agustus 1957.

Memiliki beberapa anak perusahaan di antaranya: Semen Padang, Semen Tonasa, PT SSG Energi Prima, PT Kawasan Industri Gresik, Semen Indonesia Logistik, PT Semen Indonesia Beton, PT EMKL Topabiring dan lain lain.

PT Semen Indonesia juga memiliki gedung rumah sakit, wisma, bank, pelabuhan, dan juga institusi pendidikan. Pusatnya berada di Desa Sidomoro, Kabupaten Gresik.

3. PT Smelting
Gresiksatu.com
PT Smelting (Foto : Ig @smeltingpeduli)

PT Smelting berada di jalan Raya Roomo, Manyar, Gresik. PT Smelting merupakan smelter pertama PT Freeport Indonesia (PTFI). Bahkan satu-satunya yang bergerak dibidang tembaga dan emas. Dibangun pada tahun 1996 dan baru diresmikan tahun 2021 kemarin.

Smelting mengolah konsentrat tembaga hasil tambang PT Freeport Indonesia di Papua. PT Smelting sendiri mempunyai 3 pabrik, yaitu pabrik peleburan (smelter), pemurnian (refinery), dan pabrik asam sulfat.

Baca juga:  Smelting Pamerkan Program Pengeloaan Sampah Menjadi Eco Enzim
4. PT Wilmar Nabati
Para pekerja PT Wilmar Gresik (foto : foursquare)
Para pekerja PT Wilmar Gresik (foto : foursquare)

PT Wilmar Nabati berada di jalan Kapten Darmo Sugondo, Kebomas, Gresik. Perusahaan ini bergerak di bidang pembuatan minyak. Didirikan pada Agustus 2008. Perusahaan ini juga mengelola perkebunan kelapa sawit terbesar di dunia. 

PT Wilmar Gresik memiliki tugu Landmark besar yang ikonik. Perkembangannya sangatlah pesat hingga kini sudah mampu menampung banyak pekerja baik dari Gresik sendiri maupun dari daerah lain.

5. PT Wings Surya
Gresiksatu.com
Suasana di dalam pabrik Wings Surya. (Foto : PT Wings Surya)

PT Wings Group terletak di Driyorejo, Gresik. Wings Surya merupakan perusahaan penghasil produk rumah tangga, makanan, minuman, dan pemeliharaan kesehatan diri. Didirikan pada tanggal 21 September 1948 dengan nama Fa Wings lalu berganti nama menjadi Wings Surya.

PT Wings Surya juga menjadi pabrik besar yang mampu memberikan banyak lapangan pekerjaan. (ovi/aam)

Komentar

Berita Terpopuler

Bukan di Bawean, Penampakan Buaya Viral Ternyata di Pelabuhan Perbatasan Gresik – Surabaya

GresikSatu | Penampakan buaya di perairan Bawean Gresik mengundang pertanyaan dari banyak pihak. Setelah diteliti, lokasi penampakan ternyata tidak di Pelabuhan Bawean. Melainkan di Pelabuhan...

Motor Penyok Pengendara Tewas, Ini Kejadian Laka Maut di Driyorejo Gresik

GresikSatu | Nasib nahas dialami Yohana Rosario Ayunda Tarno (20), warga Desa Sumput, Kecamatan Driyorejo, Gresik. Ia dinyatakan meninggal setelah terlibat kecelakaan di Jalan...

Mangkir Lagi, Terduga Pelaku Sodomi Gresik Masih Bebas Berkeliaran

GresikSatu | Terduga pelaku sodomi di Kabupaten Gresik masih bebas berkeliaran. Unit PPA Satreskrim Polres Gresik bahkan telah melakukan panggilan ke tiga kalinya, namun...

Niat Nyalip Berakhir Senggolan, Pemuda Ambeng-ambeng Meregang Nyawa di Cerme Gresik

GresikSatu | Nasib nahas dialami Masrifani Sohbirin. Pria berusia 30 tahun warga asal Desa Ambeng-ambeng Watangrejo, Kecamatan Duduksampeyan, Gresik meninggal usai dirawat akibat kecelakaan...

Viral! Penampakan Buaya di Bawah Pelabuhan Bawean Gresik

GresikSatu | Sebuah video yang memperlihatkan seekor buaya di bawah pelabuhan Bawean Gresik, viral di media sosial, Senin (5/12/2022). Buaya sepanjang kurang lebih 3...

Kolaborasi Ultras, dan Gresik United, Meriahkan HUT Gresiksatu.com ke 1 

GresikSatu | Momentum perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Gresiksatu.com ke - 1, berkolaborasi bersama Ultras Gresik, dan Gresik United (GU), berlansung, Sabtu (3/13/2022) tadi...
Berita terbaru
Berita Terkait