21.4 C
Indonesia
Rab, 7 Desember 2022
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

21.4 C
Indonesia
Rabu, 7 Desember 2022 | 23:50:33 WIB

Inilah 5 Tokoh Pahlawan Nasional Pejuang Kemerdekaan yang Berasal dari Gresik

ADVERTISEMENT

SCROLL UNTUK LANJUTKAN MEMBACA

GresikSatu | Gelar pahlawan nasional tidak mudah diberikan kepada seseorang yang sudah meninggal sebelum dimasa hidupnya tercatat rekam prestasi sejarah. Prestasi ini berupa perjuangan kemerdekaan Indonesia dan semangat juang dalam mempertahankan tanah air Indonesia.

Dari tauladan atau sosok panutan pejuang kemerdekaan menjadi contoh bagi anak-anak bangsa dimasa mendatang. Pengorbanan waktu, pikiran, tenaga, dan segala yang mereka punya hingga diproklamirkan kemerdekaan Indonesia.

Siapa saja daftar 5 tokoh pahlawan nasional pejuang kemerdekaan yang berasal dari Gresik dan seperti apa kisahnya? Simak berikut :

1. Usman Sadar
Gresiksatu.com
Pagar Makam Usman Sadar di Jalan Usman Sadar Gresik. (Foto : Hamzah Arfah)

Moh Oesman atau yang lebih dikenal dengan nama Usman Sadar adalah tokoh asal Gresik yang memiliki sumbangsih terhadap berdirinya NKRI.

Ia merupakan anggota Laskar Sabilillah yang dipimpin oleh Maskoen Asjari. Usman gugur di medan perang akibat tertembak saat me coba memasukkan granat ke tank dalam agresi pasukan Belanda di Gresik.

Makamnya tidak berada dalam kompleks Taman Makam Pahlawan (TMP). Namun terletak di Kelurahan Karangpoh, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik. Sebagai pahlawan revolusi, namanya juga dijadikan sebagai nama jalan di Kota Gresik.

Baca juga:  Sambut 10 November, SD YIMI Gresik Gelar Parade Kirab dan Tabur Bunga di Makam Pahlawan
2. Harun Thohir
Gresiksatu.com
Harun Tohir

Kopral Anumerta Harun Said atau yang terkenal dengan nama Harun Thohir adalah tokoh asal Gresik yang mampu menggemparkan Singapura.

Bagaimana tidak, ia berhasil meledakkan Mac Donald House di Orchid Road yang berada di pusat Kota Singapura sehingga menyebabkan kekacauan besar.

Sebelum melaksanakan eksekusi hukuman mati, ia harus merasakan jeruji selama 3 tahun hingga jasadnya disemayamkan di Pulau Bawean, Gresik. Namanya harum sebagai nama jalan di pusat area Kota Gresik.

3. Kapten Darmo Sugondo
Gresiksatu.com
Kapten Darmo Sugondo penghimpun pasukan sipil Kota Gresik. (Foto : Aam Alamsyah/Greskksatu.com)

Ada banyak kisah heroik pejuang kemerdekaan mengusir para penjajah. Salah satu kisah menarik yakni dari Kapten Darmo Sugondo, penghimpun pasukan sipil Kota Gresik

Pasukan tersebut tergabung dalam Badan Keamanan Rakyat (BKR). Kapten Darmo Sugondo memimpin pasukan batalyon 3 BKR Gresik dengan basis perjuangannya di Kalitangi Segoromadu atau perbatasan antara Gresik dan Surabaya.

Namun sayangnya, dalam peperangan itu Darmo terkena tembakan dan dilarikan ke daerah Lamongan. Darmo kemudian menghimpun kekuatan di Sidayu hingga akhirnya mampu meruntuhkan tentara Sekutu.

Baca juga:  Sambut 10 November, SD YIMI Gresik Gelar Parade Kirab dan Tabur Bunga di Makam Pahlawan

Makam Darmo terletak di Makam Pahlawan, Kalibata Jakarta. Karena jasanya, nama Darmo dijadikan nama jalan dibeberapa kota antara lain : Gresik, Mojokerto, dan Sumatra Selatan.

4. Kapten Dulasim
Gresiksatu.com
Drama Kolosal peperangan di Gresik yang dipimpin Kapten Dulasim. (Foto : Aam Alamsyah/Gresiksatu.com)

Kapten Dulasim adalah salah satu tokoh pejuang kemerdekaan di Gresik bergabung Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang kemudian menjadi TNI. 

Ia diistirahatkan di Taman Makam Pahlawan dengan tulisan nama jelas pada salah satu batu nisan. Namanya juga tertulis sebagai nama jalan di Kota Gresik.

5. Akim dan kayat
Gresiksatu.com
Drama Kolosal peperangan di Gresik yang dipimpin Akim dan Kayat. (Foto : Aam Alamsyah/Gresiksatu.com)

Akim dan Kayat adalah dua sahabat pejuang kemerdekaan dari kota Gresik yang kisahnya tidak terendus sejarah. Keduanya melakukan konfrontasi dan dinyatakan meninggal bersama saat terjadi pertumpahan darah di medan juang kemerdekaan.

Belum ditemukannya tempat peristirahatan terakhirnya sampai saat ini. Bahkan, tidak tertulis satupun rekam sejarahnya di naskah pejuang. Namun namanya eksis diabadikan sebagai nama salah satu jalan di Kota Gresik. (ovi/aam)

Komentar

Berita Terpopuler

Bukan di Bawean, Penampakan Buaya Viral Ternyata di Pelabuhan Perbatasan Gresik – Surabaya

GresikSatu | Penampakan buaya di perairan Bawean Gresik mengundang pertanyaan dari banyak pihak. Setelah diteliti, lokasi penampakan ternyata tidak di Pelabuhan Bawean. Melainkan di Pelabuhan...

Motor Penyok Pengendara Tewas, Ini Kejadian Laka Maut di Driyorejo Gresik

GresikSatu | Nasib nahas dialami Yohana Rosario Ayunda Tarno (20), warga Desa Sumput, Kecamatan Driyorejo, Gresik. Ia dinyatakan meninggal setelah terlibat kecelakaan di Jalan...

Mangkir Lagi, Terduga Pelaku Sodomi Gresik Masih Bebas Berkeliaran

GresikSatu | Terduga pelaku sodomi di Kabupaten Gresik masih bebas berkeliaran. Unit PPA Satreskrim Polres Gresik bahkan telah melakukan panggilan ke tiga kalinya, namun...

Niat Nyalip Berakhir Senggolan, Pemuda Ambeng-ambeng Meregang Nyawa di Cerme Gresik

GresikSatu | Nasib nahas dialami Masrifani Sohbirin. Pria berusia 30 tahun warga asal Desa Ambeng-ambeng Watangrejo, Kecamatan Duduksampeyan, Gresik meninggal usai dirawat akibat kecelakaan...

Viral! Penampakan Buaya di Bawah Pelabuhan Bawean Gresik

GresikSatu | Sebuah video yang memperlihatkan seekor buaya di bawah pelabuhan Bawean Gresik, viral di media sosial, Senin (5/12/2022). Buaya sepanjang kurang lebih 3...

Kolaborasi Ultras, dan Gresik United, Meriahkan HUT Gresiksatu.com ke 1 

GresikSatu | Momentum perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Gresiksatu.com ke - 1, berkolaborasi bersama Ultras Gresik, dan Gresik United (GU), berlansung, Sabtu (3/13/2022) tadi...
Berita terbaru
Berita Terkait