Sabtu, 20/08/2022 | 13:44 WIB
Gresik Satu
Berita Gres Olahraga

Intip Yuk! Pembukaan Porsema di Pulau Bawean Gresik

Gresiksatu.com
Teks foto : Pertujukan drum band dari MTS dan MA Umar Mas'ud Bawean saat pembukaan Porsema Bawean (Faiz /gresiksatu.com)
 Advertisement

GresikSatu | Pekan Olahraga Seni Ma’arif (Porsema) Bawean resmi dibuka, Minggu (26/6/2022) kemarin. Acara yang bertempat di Alun-alun Sangkapura Pulau Bawean Gresik itu berlangsung meriah. Beberapa sekolah dibawa naungan Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif PCNU Bawean unjuk gigi menampilkan kratifitasnya.

Sebelum pembukaan berlangsung beberapa pertunjukan seni ditampilkan. Diantaranya, seni Dikker, Dhungka, Tung-Tung, Jibul, Al-Banjari, Zamroh, Drum Band, Tari Samman, dan Pawai para peserta Porsema. Tak ketinggalan juga upacara pembukaan Porsema juga dilakukan. 

Setelah parade seni, dilanjutkan pawai dari para kontingen sekolah dibawa naungan Lembaga Ma’arif. Mereka memasuki lapangan Alun-alun. Tak ketinggalan, obor api pembuka Porsema yang ke – 14 oleh salah satu Atlet Takraw Pulau Bawean Farid. 

Kegiatan Porsema ke-XIV sendiri akan berlangsung selama lima hari kedepan. Mulai tanggal 26 sampai 30 Juni 2022. Dengan tema “Mewarisi Tradisi, Tak Lekang Oleh Globalisasi”. Moment perayaan ini, juga dimanfaatkan beberapa para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bagi warga Pulau Bawean. Mereka pun membuka stand di lokasi acara Porsema.

Ketua LP Ma’arif NU Jawa Timur, H Abdul Mujib Hasyim secara resmi membuka Porsema ke – XIV di Pulau Bawean. Pihaknya menyampaikan rasa terima kasih kepada Lembaga Ma’arif NU cabang Bawean, yang selalu konsisten menjalankan kegiatan spektakuler ini. 

“Alhamdulillah perhelatan Porsema di Pulau Bawean semakin ramai. Terima kasih kepada LP Maarif NU Bawean yang sudah melakukan perhelatan ini,” ucapnya, Senin (27/6/2022). 

Pihaknya berharap, kegiatan Porsema warga Nahdliyin di Pulau Bawean berjalan sukses. Kepada para peserta lomba junjung tinggi sportifitas saat berlomba. “Agar nantinya dari Porsema ini bisa menghasilkan atlet di Pulau Bawean,” harapnya. 

“Mudah-mudahan acara Porsema ini berjalan dengan lancar tanpa ada halangan apapun. Dan nantinya juga menghasilkan para atlet-atlet dan pelaku seni yang cukup memuaskan,” tambahnya. 

Di tempat yang sama, Ketua Pelaksana Porsema ke-XIV Nurhan Jamil menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pihak, yang terlibat mensukseskan perhelatan tiga tahunan ini. Kendati sempat diguyur hujan, perhelatan ajang warga Nahdliyin ini berlangsung meriah. Semua masyarakat Bawean hadir dan meramaikan momentum ini. 

“Porsema ini juga sebagai ajang silaturahim warga Nahdliyyin. Sekaligus momentum para siswa mulai tingkat dasar hingga menengah, bisa menunjukkan kebolehan minat bakat seni dan olahaga yang dilombakan,” ucapnya. 

Menurutnya, para peserta Porsema ada 103 kontingen dan 3.918 peserta. Terdiri dari semua tingkatan sekolah dasar hingga menengah. Mulai dari sekolah tingkat MDU, MI, SD, MTs/SMP, MA/SMA/SMK di lingkungan PC LP Ma’arif NU Bawean.

“Mereka akan bertanding di 10 cabang olahraga (cabor) dan 17 cabang seni,” tambahnya memungkasi saat di acara pekan  olahraga maarif. 

Sementara itu, turut hadir Ketua LP Ma’arif NU Jawa Timur, H. Abdul Mujib Hasyim, Ketua PCNU Bawean Kiai Muhammad Fauzi Ra’uf, Ketua LP Ma’arif Bawean R Abdul Aziz, Forkopimcam Sangkapura, serta para tokoh masyarakat, Kiai, serta para guru dan siswa dari dua Kecamatan Tambak, dan Sangkapura yang mengikuti kompetisi ini. (faiz/aam)