Minggu, 03/07/2022 | 18:28 WIB
Gresik Satu
Olahraga

Ironis! Jadi Lumbung Medali, Cabor Senam Gresik Tak Punya Venue Latihan

Atlet Senam Kabupaten Gresik saat latihan di gedung Nusantara Citraland Surabaya, Rabu (25/5/2022)./ (Foto: TBK/GresikSatu.com)

GresikSatu I Memiliki segudang prestasi dan selalu konsisten menyumbang medali di ajang Pekan olahraga Provinsi (Porprov), Cabor Senam Kabupaten Gresik tidak memiliki tempat (venue) untuk latihan bagi atlet.

Tidak hanya itu, cabor Senam juga konsisten menyumbangkan atlet dan turut menyumbangkan medali bagi Jawa Timur di ajang Pekan olahraga Nasional (PON).

Tapi ironisnya, hingga Porprov ke-7 tahun 2022, atlet-atlet Cabor senam Kabupaten Gresik harus ‘ngungsi’ berlatih di gedung Senam Nusantara Citraland Surabaya.

Pelatih Senam Kabupaten Gresik Rahayu Retno mengatakan Senam mulai tahun 1999 harus pindah tempat latihan ke Surabaya dikarenakan tidak memiliki venue latihan.

“Sejak tahun 1999 kami pindah latihan ke gedung Senam Nusantara Citraland Surabaya. Sebelumnya kami latihan di GOR Tridarma Petrokimia,” katanya, Kamis (26/5/2022).

Baca Juga: Sejarah Gresik! Basket Putra-Putri Lolos Porprov 2022 Jatim

Sementara itu, untuk kebutuhan latihan di Surabaya, semua akomodasi dan transportasi di tanggung pihak Petrokimia selaku pembina cabor Senam.

“Kami (Senam) dibawa binaan Petrokimia, jadi akomodasi dan transportasi dari Petro. Tapi, kami terutama para atlet senam merindukan memiliki tempat latihan sendiri di Gresik,” ungkap Retno.

Yang menyedihkan tambah Retno, saat ini lantai gedung Senam Nusantara Citraland dibongkar untuk diperbaiki, karena itu senam nomor Ritmik tidak bisa latihan dengan maksimal.

“Sudah seminggu ini lantai ritmik dibongkar, jadi atlet tidak bisa latihan maksimal, padahal perlombaan (Porprov) semakin dekat,” jelas pelatih asli Gresik ini.

Belum adanya gedung untuk venue latihan, pihaknya pernah berkomunikasi dengan Bupati Gresik, menyampaikan keluhan tentang tidak adanya fasilitas tempat latihan. Bupati berjanji akan mencarikan solusi.

“Sudah pernah melapor ke Bupati, dan akan mencarikan solusi untuk tempat latihan bagi atlet senam. Bahkan Bupati berjanji akan segera membangun gedung olahraga untuk beberapa cabor, tapi tidak di tahun ini,” ungkap Retno.

Meski begitu, lanjut mantan atlet yang turut berlaga di PON membela Jatim itu, atlet-atlet Senam Porprov Gresik tetap akan berjuang maksimal untuk kembali memberikan medali.

“Kami tetap akan memberikan prestasi dan medali terutama emas bagi Gresik. Persiapan kami sudah matang untuk Porprov 2022 ini,” ucapnya.*

Full Day School