Selasa, 09/08/2022 | 21:20 WIB
Gresik Satu
Berita Gres Pemerintahan

Jelang Idul Adha, Baznas Gresik Terima 130 Hewan Kurban 

gresiksatu.com
Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, saat memberikan simbolis sapi kurban kepada Baznas Gresik di Halaman parkir Pemkab Gresik (Foto : Faiz /Gresiksatu.com)

GresikSatu | Jelang perayaan hari raya kurban atau Idul Adha 1443 H, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Gresik menerima 130 hewan kurban. Ratusan hewan kurban ini dari Pemkab Gresik dan Baznas RI pusat.

Penyerahan hewan ini, secara simbolis diberikan Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani di Halaman Parkir Kantor Pemkab Gresik, Rabu (6/7 /2022).

Turut hadir penyerahan hewan kurban kepada Baznas Gresik, Ketua DPRD Gresik Much Abdul Qodir, Wakil Ketua DPRD Gresik Mujid Riduan, Ketua Baznas Gresik Mujib, Waka III Baznas Gresik Sholihuddin Alayubi, dan jajaran pengurus Baznas Gresik yang lain.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menyampaikan, pemberian hewan kurban kepada Baznas ini merupakan perintah dari Kementrian Agama. Pengiriman hewan ternak diberikan kepada Badan Amil Zakat (BAZ).

“Pemerintah Gresik sendiri sudah punya lembaga resmi itu yakni Baznas. Jangan sampai masyarakat salah beribadah dalam penyaluran zakat dan kurban ini,” ucap Bupati.

Ketua Baznas Gresik Mujib mengatakan, kendati masih dalam kondisi wabah PMK, pelaksanaan kurban tetap dilakukan. Bersyukur sudah ada ratusan hewan kurban, yang siap distribusikan nanti saat perayaan Idul Adha.

“Kami (Baznas Gresik) mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Gresik dan Baznas RI atas bantuan hewan kurban,” ucapnya, Rabu (6/7/2022).

Dikatakan, ratusan hewan kurban itu. Perinciannya, bantuan dari Pemkab Gresik ada 90 hewan kurban. 20 ekor sapi dan 70 ekor kambing. Sedangkan bantuan online dari Baznas RI ada 40 ekor kambing.

“Nantinya semua hewan akan disembelih di Sidayu. Setelah proses penyembelihan selesai, kami akan mendistribusikan kepada masyarakat yang berhak menerima kurban di Gresik,” katanya.

Ditegaskan, Baznas Gresik siap mendistribusikan semua hewan kurban sebaik-baiknya. Khusunya bagi kaum dhuafa. Apalagi Baznas sendiri merupakan lembaga untuk mensejahterakan umat.

“Selain itu, Baznas Gresik siap menerima dan mendistribusikan dana Zakat, infaq, Shodaqoh (ZIS) dan dana sosial keagamaan lain (DSKL) dari para donatur untuk masyarakat Gresik. Khususnya, faqir miskin,” paparnya. (faiz/aam)