Sabtu, 28/05/2022 | 05:28 WIB
Gresik Satu

Jelang Lebaran, Penumpang Kapal Express Bahari Meningkat Drastis 

Teks foto : Warga Bawean saat hendak pulang ke kampung halamannya dengan kapal Express Bahari 8E (Faiz/gresiksatu.com)

GresikSatu | Penumpang pelayaran Gresik – Bawean semakin ramai di Pelabuhan Gresik selama bulan Ramadan. Apalagi mendekati jelang musim mudik beberapa pekan ke depan. Diprediksi jumlah penumpang terus meningkat saat mendekati Hari Raya Idul Fitri.

Kepala Seksi Angkutan Lainnya Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkab Gresik Muhammad Arifin mengatakan, selama bulan ramadhan penumpang kapal dari Gresik ke Bawean diatas angka 200-an penumpang. 

“Setiap berangkat sekitar 300 penumpang ke Bawean maupun ke Gresik,” ucapnya, Kamis (14/4/2022). 

Menurutnya, prediksi peningkatan penumpang saat mudik, diperkirakan H-6 hari raya. Tanggal, 28, 29, dan 30 April. Kendati demikian pihaknya sudah berkoordinasi bersama pihak kapal Express Bahari untuk pengadaan tambahan operasi jam kapal. 

“Kapal Expres Bahari 6F dan 8E akan diberangkatkan secara bersamaan dari Gresik. Dua kapal sehari pulang pergi (PP),” ujarnya.

Baca Juga : Miris! Momen Sahur Jadi Ajang Tawuran Remaja Gresik

Diakui Arifin, masyarakat Pulau Bawean juga sudah mulai banyak pulang lebih dulu sebelum dan saat Ramadhan. Karena banyak warga yang dari Malaysia atau Singapura menunggu dua tahun persiapan pulang ke kampung halaman. 

“Dengan tetap kapasitas 85% atau 320 penumpang dari kondisi normal. Karena masih mengikuti aturan PPKM yang ada,” jelasnya. 

Adapun total penumpang hari ini, Kamis (14/4/2022) kapal Express Bahari 8E ada 281 dengan tambahan 16 anak-anak. (faiz/sah)