Jumat, 27/05/2022 | 23:01 WIB
Gresik Satu

Kapal Bawean Gili Iyang Dihantam Ombak, Truk Angkut Udang Terguling Timpa Sepeda Motor

Truk yang terguling muatan udang di Kapal Gili Iyang / foto : Faiz 

GresikSatu | Sebuah truk bermuatan udang yang berada di atas Kapal Muatan Penumpang (KPM) Gili Iyang terguling, Selasa malam (1/3/2022). Akibat dari kejadian tersebut, udang kececeran dan truk menimpa satu freezer dan satu sepeda motor bagian depan.

Salah satu penumpang Hadi  mengatakan, kapal tersebut sedang berjalan satu jam sekitar pukul 22.00 Wib dari pelabuhan Bawean menuju pelabuhan Paciran Lamongan.

“Truk terlepas tali penahan di Kapal dan terguling saat tengah perjalanan  di perairan Bawean. Dan kapal berangkat sekitar pukul 21.00 WIB sari Pelabuhan Bawean,” ucapnya, Rabu (2/3/2022). 

Kendati tidak ada korban jiwa, Hadi menambahkan truk yang terguling menimpa freezer kapal Gili Iyang dan bagian depan sepeda motor.

“Biasanya kerugian akan ditanggung asuransi kapal Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP),” ujarnya.

Baca Juga : Oknum Wartawan Dipolisikan Karena Peras Narasumber

Petugas Bagian Supervisi Penyebarangan kapal Pelabuhan Paciran Agusman mengaku sudah membuat laporan untuk bisa dilakukan klaim asuransi kecelakaan laut Jasa Raharja. 

“Sekitar pukul 11.00 WIB tadi truk sudah bisa berjalan keluar dan evakuasi barang muatan udanngnya,” ucapnya. 

Dijelaskan, faktor yang membuat truk terguling itu karena terjadi ombak sekitar 2 meter, sehingga lasing tali yang mengikat kendaraan di Kapal lepas.

“Informasi dari Kapten atau Nahkoda kapal ombak tadi malam sekitar 2, 5 meter,” imbuhnya. 

Sedangkan terkait truk yang terguling menimpa freezer dan sepeda motor tidak begitu serius. Dan kapal tetap beroperasi seperti biasanya. (faiz/sah)