Minggu, 27/11/2022 | 04:51 WIB
Gresik Satu
Pemerintahan

Karang Taruna Kecamatan Panceng Dilantik, Bupati Gresik: Kontribusi Untuk Desa

bupati karang taruna
Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani membatik usai melantik Karang Taruna Kecamatan Panceng, Sabtu (2/7/2022)./ (Foto: Humas Pemkab)

GresikSatu I Karang Taruna sebagai organisasi yang bergerak pada kepemudaan, memiliki peran dan posisi strategis guna kemajuan bangsa. Kartar Kecamatan Panceng menunjukan existensinya melalui sistem periodesasi yang ditandai dengan Pelantikan Pengurus periode 2022-2027 di edu wisata telaga rena Desa Doudo Kecamatan Panceng.

Selain itu Karang Taruna Panceng juga menunjukan posisinya yang memiliki potensi dan orientasi menatap masa depan yang lebih baik, melalui serangkaian kegiatan yang dijadikan satu momen saat pelantikan yakni “Talkshow Kepemudaan dan Expo UMKM” dengan penekanan pada prinsip “Membangun Pemuda, Membangun Bangsa” yang diisi Narasumber dari Dinas Sosial Kabupaten Gresik, serta tenaga ahli Bupati Gresik Fais Abdala.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengapresiasi inovasi karang taruna Kecamatan Panceng dalam membangkitkan ekonomi melalui hasil produk UMKM yang telah dikembangkan serta mendorong untuk ditularkan kepada karang taruna yang lain.

“Ini harus ditularkan kepada pengurus karang taruna Kecamatan yang lain di Kabupaten Gresik,” kata Gus Yani sapaan akrab Bupati Gresik, Sabtu (2/7/2022).

Gus Yani menilai perbaikan ekonomi menjadi variabel penting dalam pengelolaan anggaran desa dimana dalam pengentasan kemiskinan, kesejahteraan, sosial dan kesehatan masyarakat yang berkelanjutan. Untuk itu, Buku panduan SDGs harus terintegrasi dengan program Nawa Karsa yang disusun Pemerintah Kabupaten sebagai RPJMD. Yang mana program tersebut kita sinkronkan dengan program Nawa Bakti Satya Provinsi Jawa Timur dan Nawa Cita program pemerintah pusat.

“Peran karang taruna untuk ikut berkontribusi dan mengawal dalam program yang ada di desa maupun daerah. Dinas Sosial dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk melakukan pendataan anak berkebutuhan khusus dengan menerbitkan Kartu Tanda Penduduk (KTP),” Imbuhnya.

Sementara itu, Ketua karang taruna Panceng yang baru dilantik A.M Mukhlis Indrawan memyampaikan beberapa kegiatan masyarakat yang sudah dilakukan oleh karang taruna Panceng diantaranya, santunan anak yatim di desa wotan, bersih-bersih pantai dalegan, bagi-bagi bibit tanaman di sebagian desa di Kecamatan Panceng dengan bekerjasama bersama DLH, menuju kampung zero waste yang kemarin dilaksanakan desa Prupuh.

“Karang Taruna Panceng juga mengadakan program belajar mengajar ( Joyfull Learning) yang dimulai dari SD Negeri 313 larangan dalegan bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, membuat Klinik UMKM yang dilaksanakan di desa Surowiti bersama Diskoperindag,” ungkap Mukhlis. (Tov)

Baznas Gresik