Sabtu, 20/08/2022 | 12:41 WIB
Gresik Satu
Berita Gres Hukrim

Kasus Penistaan Agama, Polres Gresik Baru Tahan Dua Tersangka 

Gresiksatu.com
Tersangka kasus penistaan agama saat memberikan klarifikasi di Masjid Agung Gresik. Foto : Dokumen Gresiksatu.com)
 Advertisement

GresikSatu | Polres Gresik baru menahan dua tersangka kasus penistaan agama atas pernikahan manusia dengan kambing di Gresik. Keduanya yakni, Saiful Arif yang menjadi mempelai laki-laki dalam kegiatan nyeleneh tersebut dan Arif Syaifullah selaku pembuat konten.

Sedangkan Krisna alias Sutrisno yang berperan penghulu belum ditahan karena berhalangan karena sakit. Pun dengan Nur Hudi anggota DPRD Gresik yang menfasilitasi pernikahan nyeleneh malah belum dilakukan pemanggilan.

“Baru dua tersangka yang datang dimintai keterangan sebagai bahan untuk Berita Acara Pemeriksaan (BAP). Keduanya lalu ditahan. SA dan AS. Sementara S belum, karena sakit,” ungkap Kasatreskrim Polres Gresik Iptu Wahyu Rizki Saputro, Rabu (13/7/2022). 

Wahyu menjelaskan, selain Saiful Arif, Arif Syaifullah dan Krisna alias Sutrisna (S), satu lagi tersangka dalam kasus ini anggota DPRD Gresik Fraksi NasDem Nurhudi Didin Arianto (N). Tersangka merupakan pemilik Pesanggrahan Keramat Ki Ageng, yang menjadi tempat pelaksanaan pernikahan dengan kambing. 

“Untuk tersangka N, kami jadwalkan pemanggilan pada Sabtu mendatang, tanggal 16 Juli 2022,” jelasnya.

Diakuinya, untuk tersangka N tidak termasuk pemanggilan pertama, Senin (11/7/2022). Lantaran pihak kepolisian masih menunggu surat izin dari Gubernur. Karena N berstatus anggota DPRD. 

Diketahui, empat tersangka dalam kasus pria menikahi kambing ini, dijerat Pasal 156a KUHP tentang penistaan agama. Khusus untuk Arif Syaifullah (AS) selaku pemilik konten, juga dikenakan pelanggaran atas Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Sebelumnya, ketiga tersangka sempat mangkir dari panggilan pertama yang dilayangkan pihak kepolisian. Pada pemanggilan kedua, dua dari empat orang yang sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pria menikahi akhirnya mendatangi Mapolres Gresik kemarin, Selasa (12/7/2022). (faiz/aam)