Senin, 03/10/2022 | 16:12 WIB
Gresik Satu
Berita Gres Hukrim

Kebakaran Pabrik di Wringinanom Gresik, Berawal Dari Putung Rokok Pekerja Proyek 

Gresiksatu.com
Petugas Damkarla Gresik saat memadamkan api di PT Bromo Panuluh Steel, Desa / Kecamatan Wringinanom (Damkarla for Gresiksatu.com)

GresikSatu | Kebakaran pabrik PT Bromo Panuluh Steel disebabkan dari putung rokok pekerja proyek di sekitar pabrik. Pabrik bekas gedung bahan baku itu terbakar, Rabu (17/8/2022) sore tadi sekitar pukul 16. 40 WIB. 

Kanit Reskrim Polsek Wringinanom Ipda Aswoko menjelaskan, api berasal dari dalam pabrik yang diketahui security. Muncul asap hitam yang keluar dari gedung bekas bahan baku itu. Setelah dilakukan pemeriksaan saksi, dan olah tempat kejadian perkara (TKP) asal mula api diketahui berasal dari putung rokok pekerja proyek sekitar pebrik. 

“Dari putung rokok itu, lalu menjalar ke semak-semak bagian dalam pabrik. Lidah api pun langsung merembet ke tumpukan ban bekas sehingga api area dalam pabrik pun terbakar, ” ungkapnya, Rabu (17/8/2022). 

Ditegaskan, dalam insiden ini tidak ada korban jiwa dan material. Karena api mudah dipadamkan. “Api cepat bisa dipadamkan oleh Damkarla Gresik,” imbuhnya. 

Sebelumnya, sebuah pabrik di Jalan Raya Wringinanom, Desa /Kecamatan Wringinanom, Gresik terbakar. Pabrik yang diketahui PT Bromo Panuluh Steel sudah bertahun-tahun tidak beroperasi itu terbakar isi bagian dalamnya. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. 

Mulanya, kebakaran itu terjadi sekitar pukul 16.40 WIB, Rabu (17/8/2022). Security pabrik tersebut tiba-tiba melihat api sudah membesar dari dalam pabrik. Lidah api pun semakin membesar karena objek yang terbakar di pabrik tersebut ban dan sampah. Security pun langsung melaporkan kejadian ke Dinas Damkarla Gresik. (faiz/aam)