Jumat, 27/05/2022 | 21:58 WIB
Gresik Satu

Kembangkan Ilmu Falak, UIN Alauddin Makassar Teken Mou dengan LF PCNU Gresik

Kaprodi Ilmu Falak, Wakil Dekan III UIN Alauddin Makassar teken MoU bersama Ketua, Sekretaris, dan Dewan Pakar LF PCNU Gresik / Foto : Faiz

GresikSatu I Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar melalui Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) Prodi Ilmu Falak menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding MoU Red) dengan Lembaga Falakiyah (LF) PCNU Gresik, di Desa Manyarejo, kecamatan Manyar, kabupaten Gresik, Rabu (9/3/22) malam.

MoU dilakukan Dekan FSH, Muammar Muhammad Bakry yang diwakili Wakil Dekan III, Muhammad Saleh Ridwan dengan Ketua LF PCNU Gresik yang baru periode 2021-2026, Muchyiddin Hasan didampingi Sekretarisnya Angga Purwancara seusai rombongan perguruan tinggi negeri kota Daeng ini mendapat pemaparan materi falak dari dewan pakar KH. Abdul Muid Zahid dan Ustadz Inwanuddin.

Wakil Dekan UIN Alauddin Makassar, Muhammad Saleh Ridwan mengatakan MoU ini untuk pengembangan Tri dharma perguruan tinggi pencerahan tentang instrumen fajar shadiq dan beberapa pelatihan yang dilakukan oleh Lembaga Falakiyah PCNU Gresik dan implementasi merdeka belajar.

“Kami bersepakat untuk membuat perjanjian kerja sama membangun pengembangan khususnya ilmu falak. Di Gresik punya beberapa pakar yang cukup banyak dan punya banyak prestasi. Tentu kami harapkan prodi Ilmu Falak di kampus kami bisa maju dan berkembang,” ucap Saleh.

Setali tiga uang, Ketua Prodi Ilmu Falak UIN Alauddin, Fatmawati Hilal menginginkan jika mahasiswanya bisa diberi pelatihan khusus oleh LF PCNU Gresik. Pihaknya ingin memaksimalkan program studinya dengan mengirim beberapa anak didiknya untuk belajar secara khusus di Balai Rukyat Condrodipo yang biasa digunakan untuk observasi Hilal.

“Kami ingin ada follow up, anak-anak bisa mendalami instrument falak yang sudah ada di sini dengan Dewan Pakar LF PCNU Gresik. Tidak menutup kemungkinan KH. Abdul Muid Zahid dan Ustadz Inwanuddin akan kami undang sebagai dosen tamu di Universitas kami nanti sebagai dasar penguatan ilmu dari mahasiswa kami,” terang Hilal.

Sementara menurut Ketua LF PCNU Gresik, Muchyiddin Hasan, MoU ini adalah kado istimewa bagi para pengurus yang baru saja mendapat Surat Keputusan (SK) dari PCNU Gresik. Menurutnya momen ini menjadi spirit bagi pengurus baru agar bisa lebih serius dalam berkhidmah karena LF PCNU Gresik menjadi referensi pembelajaran kampus ternama di provinsi Sulawesi Selatan.

“Kami berterima kasih kepada civitas akademika UIN Alauddin Makassar khususnya Fakultas Syariah dan Hukum Prodi Ilmu Falak yang sudah mempercayai kami sebagai referensi pembelajaran untuk meningkatkan sekaligus mengembangkan Ilmu Falak untuk mahasiswanya. Tentu ini menjadi spirit bagi kami, pengurus Lembaga Falakiyah yang baru saja mendapat SK dari PCNU Gresik sore tadi,” pungkasnya.** (Faiz/Tov)