Minggu, 03/07/2022 | 19:10 WIB
Gresik Satu
Hukrim

Kena PHK, Kurir Ekspedisi Alih Profesi Jadi Maling, Kepergok Dihajar Massa

Teks foto : Pelaku maling HP saat dimassa warga Kelurahan Singosari, Kebomas Gresik (Istimewa)

GresikSatu | Sebelum kena PHK, Agus Budiman ternyata bekerja sebagai kurir di salah satu perusahaan ekspedisi. Karena harus menghidupi anak dan istri, warga Surabaya itu nekat beralih prosesi jadi maling.

Nahasnya, aksi yang kesekian kalinya bisa dibilang tak sukses. Pria 40 tahun itu kepergok saat hendak mencuri di rumah korban Hariyanto (63), asal warga Jalan Veteran, Kelurahan Singosari, Gresik. 

Parahnya, aksi nekat itu dilakukan pada siang hari, pada pukul 12.00 WIB. Apalagi saat itu banyak warga sedang melakukan Sholat Jum’at. Bahkan sebelum kepergok, pelaku juga berhasil mengasak handpone di rumah sampingnya.

Warga yang geram langsung melayangkan bogem mentah ke wajah pelaku. Warga Surabaya itu pun babak belur. Tak lama kemudian polisi datang, dan langsung mengamankan pelaku beserta barang bukti.

Baca Juga : Antar Anak Sekolah, Rumah di Randuagung Terbakar

Kanit Reskrim Polsek Kebomas Iptu Yoyok Mardi mengatakan, pelaku memang dari rumahnya sudah merencanakan aksi jahatnya mencuri HP. Pelaku menjalankan aksi nekatnya sendirian. 

“Jadi pelaku memakai sisitem acak, dimana ada kesempatan, dia langsung bergerak,” katanya, Jum’at (3/6/2022).

Kepada polisi, pelaku nekat melakukan kejahatan karena terdesak kebutuhan ekonomi. Apalagi saat pelaku sudah tidak lagi bekerjaa sebagai kurir. Kendati demikian, hal itu tetap tidak dibenarkan.

“Pelaku dijerat pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman lima tahun penjara,” ujar Yoyok. (faiz/aam)

Full Day School