Selasa, 09/08/2022 | 20:13 WIB
Gresik Satu
Hukrim

Kepergok Hendak Maling di Masjid Dukun, Pemuda Ini Dipukuli Jemaah Hingga Motornya Dirusak

Foto : Motor pelaku rusak parah akibat kemarahan warga (istimewa)

GresikSatu | Ahmad Zaki (43) asal Lamongan jadi bulan-bulanan warga karena kepergok hendak mencuri. Parahnya, ia melakukan aksinya itu saat para warga Desa Wonokerto, Kecamatan Dukun, Gresik tengah melakukan sholat isyak di Masjid.

Sontak saja, masjid yang sebelumnya terihat tentram, berubah menjadi kegaduan. Pelaku dipukuli sampai babak belur. Tidak sampai di situ, warga yang masih geram melampiaskan kemarahan ke motor pelaku. Motor matic itu sampai rusak berkeping-keping.

Krnologis kejadian bermula, pelaku datang ke Masjid setempat sekitar pukul 18.30, Senin (16/5/2022). Pelaku berpura-pura hendak menunaikan sholat Isyak berjamaah. Namun pelaku tidak langsung mengambil air wudhu. Ia melah mengelilingi parkiran masjid.

Hal itu tentu membuat warga curiga dengan glagatnya. Setelah diamati, ternyata kecurigaan semakin menguat. Pelaku dengan gampangnya membuka jok motor salah satu jemaah. Warga yang sedari tadi memperhatikan, langsung meneriaki maling.

Tak berselang lama, para jemaah yang tadinya sholat langsung keluar dari masjid. Pelaku jadi bulan-bulanan karena kepergok hendak maling. Aksi itu meredam ketika petugas dari Polsek Dukun tiba di lokasi dan mengamankan pelaku.

Baca Juga : Perbaikan Jembatan Kacangan Dilakukan Juni Mendatang, Segini Anggaranya

Kapolsek Dukun Iptu Sugiarto mengatakan, saat ini pelaku sudah diamankan oleh petugas. Pihaknya juga sudah mengantongi bukti saat pelaku mencarkan aksi sebelumnya. Yakni berupa dompet milik korban lain.

“Baru percobaan pencurian, pelaku belum sempat mengambil barang milik jamaah,” saat dikonfirmasi.

Akibat ulahnya ia harus mendekam di balik terali besi penjara dan dijerat dengan Pasal 363 Jo Pasal 53 KUHP.

“Terkait motif dan sudah berapa kali beraksi masih kami dalami. Mohon waktu,” pungkasnya. (faiz/aam)