Minggu, 29/05/2022 | 07:14 WIB
Gresik Satu

Keren! Film Gemintang Asal Gresik Juara Dua di Festival Film Kemenparekraf RI

Cuplikan Film Gemintang yang diperagakan oleh Budi dan Kejora / Foto : YouTube Gresik Movie
Cuplikan Film Gemintang yang diperagakan oleh Budi dan Kejora / Foto : YouTube Gresik Movie

GresikSatu I Film dengan judul Gemintang produksi komunitas Gresik Movie meraih juara dua edisi bulan Februari di festival film Kemenparekraf RI, Family Sunday Movie (FSM). Film ini juga masuk nominasi penganugerahan pada puncak acara festival film yang sama di bulan November 2022 mendatang, dengan bergenre film fiksi.

Surtaradara film Gemintang Irfan Akbar mengatakan, pembuatan film Gemintang ini tanpa ada bantuan dan dukungan dari pemerintah setempat, murni semuanya inisiasi dari teman-teman komunitas. hingga akhirnya menjadi juara dua di festival film Family Sunday Movie (FSM) Kemenparekraf RI.

“produksi film ini murni atas inisiasi teman – teman komunitas, pemerintah setempat tidak memberi bantuan dan dukungan,” katanya.

Irfan menceritakan, film pendek  yang berdurasi 12 menit 16 detik itu, berkisah tentang seorang anak bernama Budi yang berusia 10 tahun sedang kesulitan menggambarkan bentuk bintang dirumahnya. Pada akhirnya bersama seorang temannya yang bernama Kejora mencari bentuk bintang keluar rumah dengan mengayuh sepeda.

“Dia menebak-nebak bentuk bintang bersama dengan teman sebayanya yang bernama Kejora. Berbagai imajinasi tentang bentuk digambarkan oleh mereka, termasuk dengan tali karet yang dibentuk menyerupai bintang. Rasa Ingin tahu yang besar akan bentuk bintang, membawa mereka keluar rumah untuk mencari bintang dengan menggunakan sepeda,” ucap Irfan.

Kemudian, dalam film itu ada pohon-pohon rindang dan rumah-rumah yang tinggi, yang mengharuskan Budi dan Kejora untuk mencari tempat yang lebih leluasa memandang langit.

“Dalam perjalanan, Budi dan Kejora menemukan beberapa hal yang menyerupai bintang, seperti lampu pesawat dan lampu menara masjid yang semakin membuat mereka penasaran dengan bentuk bintang,” jelasnya.

Irfan berpesan, film hasil karyanya bisa menjadi pilihan untuk mengembangkan ekonomi kreatif, sekaligus sebagai penanda zaman.

“Harapannya, Film-film Gresik bisa diproduksi lebih banyak lagi,” ungkap salah satu pelopor komunitas Gresik Movie, Selasa (1/3/2022).

Sebelumnya, dikutip dari Siaran Pers Kemenparekraf.co.id Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, mengumumkan dua film pendek yang terpilih dalam acara “Meet and Greet Family Sunday Movie” periode Februari 2022, yang digelar secara daring.

Meet and Greet Family Sunday Movie (FSM) merupakan salah satu rangkaian dari program Family Sunday Movie 2022 yang diinisiasi oleh Kemenparekraf/Baparekraf melalui Direktorat Ekonomi Kreatif dan Produk Digital. FSM sendiri adalah sebuah festival film pendek untuk memberikan apresiasi bagi para pelaku industri perfilman khususnya film indie di Indonesia, sekaligus untuk mempromosikan karya film pendek yang terpilih.

Menparekraf Sandiaga mengucapkan selamat kepada dua film terpilih yakni Maramba dari Komunitas Etanan Films untuk genre film dokumenter dan Gemintang dari Komunitas Gresik Film untuk genre film fiksi.

Menparekraf juga berkesempatan memberikan sertifikat sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras tim produksi dalam menghasilkan film pendek yang berkualitas.

Menparekraf berharap Family Sunday Movie menjadi salah satu program Kemenparekraf yang tepat sasaran, tepat guna, dan tepat manfaat bagi pertumbuhan industri kreatif. “Selamat berkreasi, ciptakan karya-karya hebat, kembangkan potensi daerah, dan buktikan kita mampu jadi agen perubahan untuk masa depan,” ujarnya dikutip dari situs Kemenparekraf.co.id.* (Faiz/Tov).