Sabtu, 28/05/2022 | 04:56 WIB
Gresik Satu

Keselamatan Penumpang, 50 Sopir Angkutan Umum Ikuti Tes Urine Dishub Gresik

Para sopir bus dan angkot sedang dilakukan tes urine di terminal Bunder Gresik yang diadakan Dishub, Senin (25/4/2022)./ (Foto: TBK/gresiksatu.com)

Gresik satu I Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Gresik menggelar cek kesehatan dan tes urine kepada sopir angkutan bus dan angkutan kota. Tes ini bertujuan untuk memberi rasa aman, keselamatan dan ketertiban lalu lintas jelang hari Raya Idul Fitri 1443H.

Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Dishub Gresik, Hufan Nur Dhianto mengatakan cek kesehatan dan tes urine kepada sopir angkutan umum (bis dan angkot). Karena terkait keselamatan penumpang saat arus mudik lebaran tahun ini. Pada pelaksanaan kegiatan cek kesehatan dan tes urine ini diikuti 50 sopir angkutan umum.

“Hari ini kita laksanakan cek kesehatan dan tes narkoba pada para sopir, khususnya pada waktu arus mudik lebaran tahun ini agar berjalan lancar, tes ini juga memastikan pengemudi bebas narkoba,” ujarnya, Senin (25/4/2022).

Hufan menerangkan hingga hari ini, arus mudik penumpang masih sekitar 20 persen. Tentunya, dengan masih rendahnya arus penumpang, diharapkan adanya tes urine ini bisa memberikan keselamatan bagi para penumpang.

Baca Juga: Ada Gerai Vaksin, Polda Jatim Tinjau Pos Yan Lebaran Polres Gresik

“Saat ini masih 20 persen yang terpantau. Tes ini sangat relevan untuk keselamatan serta kenyamanan penumpang, juga baik bagi para sopir,” ucapnya.

Ditempat yang sama Kasi Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Gresik, Nurhani menjelaskan kegiatan tes urine dan cek kesehatan menjaga agar para sopir tidak mengkonsumsi narkoba dan lain sebagainya.

“Alhamdulillah dari 50 sopir angkutan umum semuanya negatif dari hasil tes urine ini. Sehingga penumpang angkutan umum aman selama perjalanan,” terangnya.

Salah satu sopir bis Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), Burhan Aris Tiawan (50) menjelaskan tes narkoba dan cek kesehatan ini sangat bagus diterapkan, mengantisipasi dari penggunaan narkoba pada sopir bus dan angkutan umum lainnya.

“Tadi tes urine di terminal Bunder Gresik dan hasilnya Alhamdulillah negatif. Kalau untuk penumpang masih sekitar 25 persen,”ungkapnya.**