Senin, 03/10/2022 | 14:36 WIB
Gresik Satu
Berita Gres

Ketiduran Saat Memasak, Rumah dan Mobil Milik Warga Balongpanggang Jadi Arang

Gresiksatu.com
Petugas Damkarla saat memadamkan api di runah milik Noto di Desa Dapet, Kecamatan Balongpanggang, Gresik (Foto : Damkarla Gresik for Gresiksatu.com)

GresikSatu | Sebuah unit rumah di Desa Dapet, Kecamatan Balongpanggang, Gresik mengalami kebakaran hebat. Penyebabnya sang pemilik lupa mematikan kompor saat memasak air. Tidak hanya itu, satu unit mobil Grand Max juga ikut terbakar dalam peristiwa itu. Kerugian ditaksir mencapai ratusan juta.

Awalnya, pemilik rumah Noto sedang memasak menggunakan tungky kayu di bagian belakang rumahnya dini hari, sekira pukul 02.00 WIB, Rabu (14/9/2022). Lalu muncul api dari bagian dapur rumah tersebut, sekira pukul 02.35 Wib, api melahap seisi rumah tersebut.

Besarnya api, membuat waga sekitar yang ikut membantu merasa kewalahan. Merasa tak mampu memadamkan dengan alatas deadanya, sang pemilik rumah langsung mengubungi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarla) Gresik. 

Kelala Dinas Damkarla Gresik Agustin Halomoan Sinaga mengatakan, satu unit mobil dinas Pemadam Kebakaran dan satu unit supply bergegas datang ke lokasi kejadian. 10 anggota yang bertugas langsung berpencar memadamkam api. Ada yang berada di bagian depan rumah hingga ke dalam rumah. 

“Kurang lebih dari satu jam, petugas baru bisa menjinakkan api. Termasuk melakukan proses pembasahan guna memastikan tidak ada api kecil yang masih menyala,” ucapnya, Rabu (14/9/2022).

Kebakaran rumah ini, lanjut Sinaga dikarenakan pada saat memasak air menggunakan tungku kayu bakar ditinggal oleh pemilik rumah dan ketiduran. 

“Kerugian ditaksir satu unit rumah dan mobil Daihatsu Grand max terbakar. Tidak ada korban jiwa maupun luka,” jelas Sinaga.

Dengan demikian, jumlah kejadian kebakaran di Gresik bulan September ada 20 kejadian dan 18 kejadian penyelamatan. (faiz/aam)