Sabtu, 26/11/2022 | 19:27 WIB
Gresik Satu
Berita Gres Pemerintahan

Khofifah Resmikan Samsat Baru Gresik, Urus Pajak Motor Hanya Dua Menit

Gresiksatu.com
Gubernur Khofifah Indar Parawansa saat meresmikan KB Samsat Baru Gresik secara simbolis dengan memotong pita kembang (Foto :Faiz/Gresiksatu.com)

GresikSatu | Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, meresmikan Kantor Bersama (KB) Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) baru Gresik di Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo, Kembangan, Kebomas, Gresik, Senin (17/10/2022).

Khofifah berharap, dengan dibangun KB Samsat Baru Gresik bisa memberikan pelayanan yang baik dan cepat. Dengan demikian, pelayanan hanya membutuhkan dua menit saja. 

“Di Samsat yang baru ini, sudah representasif. Sehingga memasukkan berkas untuk pengurusan pembayaran pajak motor hanya butuh 2 menit. Masyarakat hanya menunggu di tempat penyerahan saja. Jadi yang berjalan hanya dokumennya,” ucapnya.

Menurut dia, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jatim, dalam hal pelayanan sudah progres di angka 97 persen tingkat kepuasan masyarakat. 

Dengan meningkatnya pelayanan publik Bapenda Jatim. Dalam hal penyesuaian harga bbm dan pengendalian inflasi. Pemprov gelontorkan dana 250 Miliar untuk membantu atensi sosial warga yang membutuhkan.

Meliputi penyandang disabilitas, bantuan Rp 300 ribu per bulan. Kemudian Rp 600 ribu sebagai perimbangan penyesuaian kenaikan BBM. Tambahan lagi Rp 500 ribu. Lalu, untuk dirver ojol dan angkot Pemprov melaui Bapenda menggartiskan pajak kendaraan. Hungga tinggal 0 persen. 

“Ini semua bagian ikhtiar penguatan dari proses adaptasi dampak penyesuaian kenaikan BBM. Termasuk intervnesi operasi pasar. Sandang pangan harus kita jaga,” jelasnya. 

“Wajib pajak di Kabupaten Gresik memberikan signifikansi proses pembangunan di Gresik,” tambahnya. 

Kepala Bapenda Jatim Abimanyu Poncoatmojo Iswinarno mengatakan, dari lahan 1,5 hektar samsat baru Gresik ini berharap bisa dimaksimalkan untuk memudahkan warga membayar pajak kendaraan. 

“Di Gresik sendiri sudah ada dua Samsat. Termasuk di Pulau Bawean sudah mencapai target lebih. Potensinya pemasukan kepada daerah, per tanggal 15 Oktober 2022 ini sudah mencapai 97, 83 persen dari dari target 345 miliar. Terimakasih kepada masyarakat Gresik yang patuh membayar pajak,” katanya. 

Selain meresmikan KB Samsat Baru Gresik, Gubernur juga meresmikan Masjid Miftahus Surur dan membagikan bantuan zakat produktif kepada para pelaku UMKM, ojol, dan sopir angkutan umum. (faiz/aam) 

Baznas Gresik