Sabtu, 28/05/2022 | 05:12 WIB
Gresik Satu

Kisah Pengusaha Kerupuk Bertahan di Tengah Sulitnya Minyak Goreng

Tempat produksi kerupuk di Menganti Gresik / foto : sah

GresikSatu | Pengusaha kerupuk di Gresik harus pontang panting mencari minyak goreng. Bahkan sampai harus keluar kota. Satu persatu produsen kerupuk di Kecamatan Menganti terancam gulung tikar. 

Salah satu pengusaha kerupuk yang masih bertahan adalah milik Sutino. Lokasinya berada di Desa Putat Lor, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik.

Pria berusia 59 tahun itu kurang lebih sudah 30 tahun menjadi pengusaha kerupuk, baru kali ini mengalami situasi paling parah kelangkaan minyak goreng. 

Sutino yang memiliki puluhan anak buah tidak punya pilihan lain selain terus produksi kerupuk. Pasalnya, para pekerjanya itu menggantungkan nasib pada usaha kerupuk miliknya. 

“Kalau saya berhenti produksi, kasihan mereka mau makan apa ? Baru kali ini minyak goreng langka paling parah. Ditambah lagi tepung tapioka harganya juga ikut naik,” kata Sutino, Minggu (27/2/2022). 

Kerugian yang dialami Sutino cukup besar. Biasanya dia menghabiskan minyak goreng 180 kilogram dengan harga Rp 12 ribu per liter.

Sekarang harga minyak goreng mencapai Rp 18 ribu sampai Rp 19 ribu per liternya. Kata Sutino dikalikan saja berapa setiap hari. Kemudian sudah satu bulan lebih minyak goreng langka. 

“Nyari minyak gorengnya keliling Gresik. Paling jauh sampai Surabaya,” tambah Sutino. 

Pria yang tidak tamat SD ini mengaku bahan baku lain pembuatan kerupuk ikut naik, yaitu tepung tapioka. Biasanya sekitar Rp 500 ribu per sak kini naik menjadi Rp 900 ribu. 

Dia mensiasati dengan mencampur tepung tapioka dari Kediri dan Jawa Tengah. Namun masih tetap rugi. Dia berusaha mengurangi ukuran kerupuk menjadi lebih kecil. 

Kondisi yang dialami Sutino ini masih lebih baik. Pasalnya, produsen kerupuk rumahan di Menganti sudah ada yang gulung tikar. 

“Sudah ada tiga yang berhenti produksi di Menganti,” kata Sutino. 

Pihaknya berharap agar pemerintah membantu para pengusaha kerupuk bisa mudah mendapatkan minyak goreng dengan harga Rp 14 ribu per liter seperti yang telah ditetapkan. **