Kamis, 30/06/2022 | 02:25 WIB
Gresik Satu
Kesehatan

Kodim 0817 Gresik Gandeng Eyelink Foundation Gelar Operasi Katarak Gratis

Foto : Dandim 0817 Gresik, Letkol Inf Taufik Ismail saat memantau operasi katarak di Makodim Gresik (aam/gresiksatu.com)

GresikSatu | Dalam rangka menekan angka kebutaan di Kabupaten Gresik, Kodim 0817 Gresik bersama Eyelink Foundation menggelar operasi katarak gratis. Acara yang bertempat di Makodim Gresik itu diikuti sebanyak 80 peserta.

Perserta yang didominasi para lansia itu tersebut, terlihat antusias, menjalani operasi katarak gratis. Mereka bahkan rela antre untuk mendapatkan giliran untuk mendapat pemeriksaan mata.

Salah satu peserta itu adalah, Wahyuni (53). Warga Kecamatan Gresik itu mengaku, sangat senang atas kesempatan ini. Ia menuturkan, sudah cukup lama mengalami penglihatan yang cukup buruk.

“Buram dan tidak jelas. Ini sudah berlangsung beberapa tahun lalu. Sangat membantu dan sudah terbayang bisa melihat lebih jelas seperti mata kanan,” ujarnya, usai ditemui operasi, Senin (23/5/2022).

Dandim 0817 Gresik, Letkol Inf Taufik Ismail mengatakan, katarak merupakan permasalahan kesehatan mata yang ditangani secara serius. Pasalnya, penyakit yang banyak menyerang para lansia ini, jika dibiarkan akan berakibat fatal. Penderitanya bisa mengalami kebutaan.

Baca Juga : Pemkab Gresik Berencana Bangun Ulang Pasar Sidayu

“Mata adalah salah satu panca indera yang penting. Dimana segala hal dapat dilaksanakan, dimulai dari mata dan berbagai kebahagiaan bisa kita lihat dan rasakan dari mata,” jelasnya.

Sementara itu, perwakilan Eyelink Foundation dr Badlina Fitrianisa Yulianingrum menyebutkan, bahwa Katarak adalah penyebab kebutaan terbesar di Indonesia bahkan dunia. Disebutnya, hingga saat ini di seluruh cabang Klinik Mata KMU masih menangani kasus katarak.

“Katarak merupakan keluhan tertinggi yang bisa menyebabkan kebutaan bagi penderitanya, kemudian disusul keluhan lain seperti kelainan refraksi (mata minus, silinder, rabun dekat), mata kering, dan Konjungtivitis,” sebut Kepala Cabang Klinik Mata KMU Gresik itu. (aam)

Full Day School