29.4 C
Indonesia
Kam, 8 Desember 2022
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

29.4 C
Indonesia
Kamis, 8 Desember 2022 | 11:02:51 WIB

Komisi III DPRD Gresik Soroti Pembangunan Kawasan Heritage, Dinilai Asal-asalan 

ADVERTISEMENT

SCROLL UNTUK LANJUTKAN MEMBACA

GresikSatu | Pembangunan tujuh ruas jalan kawasan Heritage Gresik menuai sorotan dari kalangan DPRD Gresik. Anggota Komisi III menilai proyek yang bersumber dari APBN itu asal-asalan. Untuk itu, siang tadi, Rabu (19/10/2022) mereka (anggota komisi III Gresik) memanggil sejumlah pihak untuk melakukan klarifikasi.

Turut hadir hearing di ruang rapat Komisi III, kontraktor pelaksana, Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jatim, Dinas Cipta Karya, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (CKPKP) Gresik, Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gresik.

Ketua Komisi III DPRD Gresik Sulisno Irbansyah mengatakan pemanggilan ini, karena banyaknya laporan yang diterima komisi. Banyak persoalan yang tidak pernah disampaikan kepada dewan. “Kami banyak diprotes warga. Tapi tidak pernah ada laporan dari dinas terkait,” ucapnya, Rabu (26/10/2022). 

Anggota Komisi III DPRD Gresik Abdullah Hamdi mengatakan pembangunan kawasan terkesan asal-asalan. Misalnya, terkait paving yang tidak sesuai spek dan penutup besi saluran banyak yang patah. “Ini masih baru kenapa bisa patah. Kan lucu,” tandasnya. 

Baca juga:  Ketua DPRD Jatim Kusnadi Bertemu Kader Gresik, Ini Pesannya 

Menurut dia, sejak awal pembangunan sudah bermasalah. Karena kontraktor langsung membongkar tujuh ruas. Sehingga sangat menggangu masyarakat sekitar. Ditambah ada sebagian situs sejarah cagar budaya yang hilang nilai cagar budayanya akibat proyek tersebut.

“Seharusnya bertahap. Tapi ini langsung dibongkar semuanya. Sekaligus berkoordinasi dan kerja sama dengan pihak arkeolog untuk memperbaiki situs cagar budaya,” bebernya.

[penci_related_posts dis_pview=”no” dis_pdate=”no” title=”Baca Juga ” background=”” border=”” thumbright=”no” number=”1″ style=”list” align=”none” withids=”” displayby=”tag” orderby=”date”]

Hal senada disampaikan Wakil Ketua Komisi III DPRD Gresik Eddy Santoso. Pihaknya mengaku heran pembangunan kawasan heritage ternyata telah diperpanjang atau adendum enam kali. “Kalau  proyek APBD Gresik jelas sudah diblacklist kontraktornya. Jelas gak becus kerjanya,” tegasnya. 

Baca juga:  Proyek Wisata Haritage Gresik Temukan Hidran Berusia Ratusan Tahun era Belanda

Menanggapi hal ini, perwakilan Kontraktor Arif mengatakan sebelum dipasang penutup saluran sudah diuji coba. Pihaknya tidak tahu pasti kenapa bisa patah. “Mungkin karena ada muatan berat yang lewat,” ucapnya. 

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) BPPW Jatim Rekyan Puruhita Sari menyebut, memang ada keterlambatan proyek tersebut. Namun, selama imi pihaknya terus mengawasi pelaksanaan proyek heritage. Terkait kendala di lapangan pihaknya juga terus berkoordinasi dengan Dinas CKPKP.

“Memang ada sejumlah kendala di lapangan, sehingga dilakukan perpanjangan,” jelasnya. 

Begitu juga disampaikan Kepala Dinas Cipta Karya PKP Gresik Ida Lailatus Sa’diyah. Pihaknya memang terus menyampaikan masukan masyarakat kepada BPPW.

“Karena memang ini anggaran dari pusat jadi pengawasan langsung dari sana. Kami terus berkoordinasi dengan BPPW jika ada masalah di lapangan,” terangnya. (adv)

Komentar

Berita Terpopuler

Bukan di Bawean, Penampakan Buaya Viral Ternyata di Pelabuhan Perbatasan Gresik – Surabaya

GresikSatu | Penampakan buaya di perairan Bawean Gresik mengundang pertanyaan dari banyak pihak. Setelah diteliti, lokasi penampakan ternyata tidak di Pelabuhan Bawean. Melainkan di Pelabuhan...

Motor Penyok Pengendara Tewas, Ini Kejadian Laka Maut di Driyorejo Gresik

GresikSatu | Nasib nahas dialami Yohana Rosario Ayunda Tarno (20), warga Desa Sumput, Kecamatan Driyorejo, Gresik. Ia dinyatakan meninggal setelah terlibat kecelakaan di Jalan...

Niat Nyalip Berakhir Senggolan, Pemuda Ambeng-ambeng Meregang Nyawa di Cerme Gresik

GresikSatu | Nasib nahas dialami Masrifani Sohbirin. Pria berusia 30 tahun warga asal Desa Ambeng-ambeng Watangrejo, Kecamatan Duduksampeyan, Gresik meninggal usai dirawat akibat kecelakaan...

Mangkir Lagi, Terduga Pelaku Sodomi Gresik Masih Bebas Berkeliaran

GresikSatu | Terduga pelaku sodomi di Kabupaten Gresik masih bebas berkeliaran. Unit PPA Satreskrim Polres Gresik bahkan telah melakukan panggilan ke tiga kalinya, namun...

Viral! Penampakan Buaya di Bawah Pelabuhan Bawean Gresik

GresikSatu | Sebuah video yang memperlihatkan seekor buaya di bawah pelabuhan Bawean Gresik, viral di media sosial, Senin (5/12/2022). Buaya sepanjang kurang lebih 3...

Kolaborasi Ultras, dan Gresik United, Meriahkan HUT Gresiksatu.com ke 1 

GresikSatu | Momentum perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Gresiksatu.com ke - 1, berkolaborasi bersama Ultras Gresik, dan Gresik United (GU), berlansung, Sabtu (3/13/2022) tadi...
Berita terbaru
Berita Terkait