Senin, 03/10/2022 | 15:59 WIB
Gresik Satu
Headline

Kompleks Makam Syeh Maulana Malik Ibrahim Gresik Banjir

Hujat lebat, makam wali Syeh Maulana Malik Ibrahim atau Sunan Gresik tergenang air / foto : istimewa

GresikSatu | Hujan lebat diseratai angin kencang Kamis (9/12/2021) tadi malam membuat sejumlah tempat di wilayah Kabupaten Gresik tergenagi air. Salah satunya adalah makam wali Syeh Maulana Malik Ibrahim atau Sunan Gresik yang Desa Gapuro Sukolilo.

Dari video yang beredar, tampak kompleks pemakaman sudah dipenuhi dengan air. Rata-rata ketinggian mencpai diatas mata kaki orang dewasa.

Namun kondisi terparah terletak di area makam pentolan wali songo itu. Karena area kontruksinya makam cenderung lebih dalam, besar kemungkinan air sudah mencapai setengah badan orang dewasa.

Beruntungnya, air banjir itu hanya menggenangi area makam Sunan Gresik saja. Tidak sampai masuk ke dalam nisan. Sehingga kerusakan akibat air masih bisa dibersihkan petugas.

Baca Juga : Mayat Seorang Pemuda Ditemukan Mengapung di Waduk Bunder

Kondisi area makam Sunan Gresik yang terkena banjir itu dibenarkan Kepala Desa Gapuro Sukolilo, Hasan Hasyim. Ketinggian air diperkiran mencapai 30 sentimeter. Secara otomatis, dengan ketinggian air orang yang akan berziarah tidak akan bisa.

“Iya tadi malam kejadiannya,” kata Hasan, Jum’at (10/12/2021).

Hasan mengatakan hujan mulai turun sekitar Pukul 17.00 Wib dan berlangsung lama dan cukup lebat. Sedang kawasan yang paling parah adalah Jalan KH Zubair.

“Semoga genangan airnya segera surut sehingga aktivitas di makam Syeh Maulana Malik Ibrahim kembali normal,” harap Hasan. (sah)

Tinggalkan Komentar