Minggu, 29/05/2022 | 07:18 WIB
Gresik Satu

Lantik Pengurus Baznas Kabupaten Gresik Periode 2022-2027, Bupati Ajak Kolaborasi Turunkan Angka Kemiskinan

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani melantik pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) periode 2022-2027 , Rabu (20/4/2022). / (Foto: TBK/GresikSatu.com)

GresikSatu I Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani melantik pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) periode 2022-2027 yang diketuai H. Muhammad Mujib di Ruang Putri Cempo lantai 1 Kantor Bupati Gresik, hari Rabu (20/4/2022).

Selain Bupati, hadir juga Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik Achmaf Washil Miftahul Rachman, Ketua MUI KH. M Masoer Shodiq, serta jajaran kepala OPD di lingkungan Kabupaten Gresik.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengungkapkan bahwa salah satu untuk menekan kemiskinan masyarakat muslim adalah dengan cara memanfaatkan dana zakat. Sebab zakat merupakan salah satu rukun iman dalam Islam.

“Usaha dalam menanggulangi problem kemiskinan ini bukanlah hal yang mengada-ada, temporer, setengah hati, atau bahkan hanya sekedar mencari perhatian. Pengurangan angka kemiskinan, bagi Islam, justru menjadi asas yang khas dan sendi-sendi yang kokoh. Hal ini dibuktikan dengan zakat yang telah dijadikan oleh Allah SWT, sebagai sumber jaminan hak-hak orang-orang fakir dan miskin sebagai bagian dari salah satu rukun Islam,” ucapnya.

Baca Juga: Pelantikan Kades, Gus Yani : Siap Siap Diganggu 24 Jam Untuk Kemajuan Desa

Bupati yang akrab disapa Gus Yani itu menambahkan bahwa di era seperti saat ini, zakat memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan. Diantaranya adalah peran moderasi kesenjangan sosial yang dapat dilakukan oleh zakat yang tampak secara konkret dalam distribusi harta dari para wajib zakat kepada orang yang berhak menerima zakat, dengan Amil zakat sebagai perantara yang dalam hal ini adalah Baznas.

“Zakat merupakan sumber pendanaan pembangunan kesejahteraan umat diluar dana APBN dan APBD. Jika dapat dioptimalkan, maka potensi dana Zakat dapat menjadi pelengkap agenda program penanggulangan kemiskinan dengan sinergi pada program pemerintah yang sedang dijalankan. Saya membuka pintu sinergisasi dan kolaborasi lebar-lebar untuk Baznas agar dapat bekerja bersama pemerintah Kabupaten Gresik untuk menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Gresik,” tegasnya.

Tidak hanya itu, Gus Yani juga menaruh harapan kepada jajaran pengurus Baznas yang dilantik untuk dapat mendesain program-program pendistribusian dan pendayagunaan secara terencana, termonitor, dan terukur.

“semoga saja pengurus Baznas yang baru dilantik bisa memberikan pendistribusian program dengan baik, terencana dan termonitor,” ungkap Bupati milenial ini.

Turut hadir juga Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Gresik, H. Sahid, dalam pelantikan hari ini. Adapun jajaran pimpinan Baznas Kabupaten Gresik yang dilantik hari ini antara lain, H. Muhammad Mujib Selaku ketua, H. Mustoha, selaku Wakil Ketua I, Dr. Riyadlotus Sholichah selaku Wakil Ketua II, Sholihudin Al Ayubi selaku Wakil Ketua III, dan Dr. Hasan Basri selaku Wakil Ketua IV.**