Senin, 03/10/2022 | 19:37 WIB
Gresik Satu
Badokan Gresik

Lezatnya Nasi Mandhi, Cocok Bekal Perjalanan Mudik  

Teks foto : Hj Rukiyati Daifi saat memberi acar makanan nasi mandhi di rumahnya Jalan Samarinda, GKB, Gresik (Faiz /gresiksatu.com)

GresikSatu | Bagi masyarakat yang hendak melakukan perjalanan mudik, perlu memikirkan bekal makanan. Lebih-lebih makanan yang memiliki ciri khas tertentu dan mudah dibawa kemana-mana.

Nasi Mandhi, makanan khas jazirah Arab barangkali bisa menjadi rekomendasi. Aromanya yang khas, serta bercamur rempah-rempah pilihan, membuat penikmatnya tidak kehilangan selera makan.

“Selain menjadi bekal pemudik juga bisa menjadi hantaran untuk dimakan bersama keluarga di kampung atau desa,“ kata Rukiyati Daifi salah satu pembuat makanan yang ditemui di rumahnya Jalan Samarinda GKB, Gresik, Sabtu (30/4/2022).

Perempuan yang sudah berusia 51 tahun tetap semangat memasak. Meski dalam prosesnya masakan nasi mandhi ini tidak semua orang bisa melakukannya.

Baca Juga : Pria Kebomas Gelapkan Kredit Senilai Rp 2 Miliar, Uang Ludes Digunakan Foya-foya

Menurutnya, cara pembuatan masakan ini bermula dari beras basmati yang diberikan kunyit bumbu air, serta dicampuri bumbu rempah-rempah pilihan. Sehingga rasa rempah-rempah sangat harum dan meresap.

“Yang awalnya bumbu khusus dihaluskan, lalu ditumis dengan campuran rempah – rempah,” ucapnya. Kemudian bumbu yang sudah ditumis serta dicampur rempah-rempah di olesi ke daging makanan agar empuk dimakan.

“Setelah itu baru nasi. Direndam 30 menit, dicampur bumbu khas kemudian dikukus 30 menit dan diberikan kunyit bubuk campur air. Sehingga butuh waktu satu jam untuk memasak nasi madhi ini,” urainya.

Ibu Rumah tangga itu juga memang hobi memasak.  Kebetulan juga pernah singgah ke keluarga di Malaysia dan Singapura. Sehingga menjadi salah satu motivasi Rukiyati memasak nasi mandhi itu. “Kalau disana sudah umum makanan Arab seperti ini,” imbuhnya.

Baca Juga : Tahun Ini, Dinas PUTR Gresik Targetkan Rehab Jalan Sepanjang 77 Km Jalan Kabupaten 

Dijelaskan, nasi mandhi ini sesuai dengan pesanan. Karena bahan yang begitu sulit dicari di pasar. Juga tidak sedikit bahan rempah – rempah membuat nasi tersebut mahal.

“Satu orang minimal pesan 10 porsi. Untuk 10 porsi bisa menghabiskan beras  1 Kg lebih,” ujarnya.

Sebagai pelengkapnya, nasi mandhi juga ada acar nanaas, acar timun, almon dan kismis. Serta dihiasi  jeruk lemon, cabe besar, tomat dan sambel.

Bagi masyarakat yang hendak mencicipi atau bmembawa nasi mandhi ini kepada keluarga pas mudik, juga bisa mengunjungi Kedai Daiati Jalan Brotonegoro Barat GKB Gresik. Disana juga ada nasi briyani, nasi ikan bakar, dan canai bumbu kare  India.

“Harga sangat terjangkau. Kalau lauk ayam Rp 35 ribu, daging Rp  40 ribu,” pungkasnya. (faiz/aam)