Senin, 03/10/2022 | 18:25 WIB
Gresik Satu
Pendidikan

Literasi Numerasi, Cara Mudah Memahami Konsep Menghitung Siswa

Siswa MI Muhammadiyah 2 Karangrejo Manyar saat mengikuti pembelajaran siswa / foto : sah

GresikSatu | Pembelajaran model literasi numerasi kini mlai dipraktikan, di beberapa sekolah di Gresik. Konsep pembelajaran ini, dinilai bisa memudahkan para siswa dalam menghitung dan memahami matematika.

Program ini sudah dipraktikan di enam sekolah. Antara lain, Sekolah MIM 2 Karangrejo Manyar, MIM 1 Gumeno, SD Al-Islam Cerme, MI Assaadah Bungah, SDM 3 Gresik dan SDM 1 Kebomas.

Pengurus Dikdasmen PW Muhammadiyah Jawa Timur, Lina Listianah mengatakan konsep belajar literasi numerasi ini program Dikdasmen Jatim bekerjasama kemitraan Indonesia-Australia.

Tujuannya, lanjut Lina, meningkatkan kemampuan numerasi sehingga ada motivasi belajar siswa. Selain itu, membantu para guru dalam memberikan pemahaman kepada anak didik utamanya dalam pengetahuan berhitung.

“Tentu guru sangat terbantu dalam memberikan pembelajaran,” katanya saat Join Monitoring Visit di MI Muhammadiyah 2 Karangrejo Manyar, Selasa (25/1/2022), kemarin.

Baca Juga : Ratusan Siswa SD YIMI Kirim Surat ke Menteri Pendidikan, Isinya Bikin Haru

Sebelumnya, para guru ini diberikan pelatihan membuat alat peraga yang menyenangkan. Hal ini penting agar para siswa lebih cepat memahami konsep bilangan dan berhitung.

Lina berharap, model pembelajaran seperti ini terus dipraktikkan kepada siswa. Tak hanya saat ada program saja. Dia bahkan yakin, konsep ini bisa diterima oleh siswa dalam memahami konsep hitung.

“Kami dari PWM Jatim berharap tak hanya berhenti disini, terus berkarya sehingga output anak-anak lebih baik, ini sebuah implementasi Muhammadiyah berkemajuan dalam bidang pendidikan,” terangnya.

Baca Juga : Kasus Omicron Terdeteksi di Gresik, Empat Orang Terinfeksi Usianya Produktif

Sementara itu, Kepala MIM 2 Karangrejo Manyar ini juga menyatakan melalui program ini ada buku karya guru dan siswa. Bahkan, ada puluhan model pembelajaran literasi numerik yang memudahkan siswa kelas awal 1-3 memahami konsep berhitung.

“Karyanya ada buku guru, siswa dan media pembelajaran. Gurunya juga dituntut kreatif dengan memunculkan media yang menarik dan cocok untuk anak-anak,” imbuhnya menaggapi konsep literasi numerasi di sekolah Muhammadiyah Gresik. **