21.4 C
Indonesia
Rab, 30 November 2022
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

21.4 C
Indonesia
Rabu, 30 November 2022 | 5:27:26 WIB

Melalui CSR, PT Cargill Gresik Komitmen Turunkan Angka Stunting di Kecamatan Manyar

GresikSatu | Penurunan angka stunting di Kabupaten Gresik masih menjadi perhatian serius dari semua kalangan. Salah satunya datan dari PT Cargill Indonesia-Cocoa & Chocolate Gresik.

Melalui program CSR nya, perusahaan asal Amerika itu telah berupaya menurukan angka stunting 3 Desa di Kecamatan Manyar. Yaitu Desa Manyarejo, Desa Manyar Sidomukti dan Desa Manyar Sidorukun (Manyar Kompleks).

Dalam pelaksanaanya, PT Cargill menggandeng tim Penala Samahita Parma dan Pemerintah Kabupaten Gresik, serta stakeholders terkait untuk turut berkontribusi dalam upaya preventif dan promotif penanganan stunting.

Admin and Relations Manager PT Cargill Indonesia Adi Suprayitno mengatakan, program ini sekaligus membantu pemerintah pusat maupun daerah dalam menurunkan angka stanting. Apalagi persoalan stanting bukanlah masalah pemerintah saja, melainkan semua pihak.

“Juga peran swasta atau dunia usaha yang memiliki kepedulian dalam penyelematan generasi di Indonesia, khususnya di Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik,” ujarnya dalam sambutan peluncuran Rembug Penanganan Stunting di Pendopo Kecamatan Manyar, Kamis (17/11/2022).

[penci_related_posts dis_pview=”no” dis_pdate=”no” title=”Baca Juga ” background=”” border=”” thumbright=”no” number=”1″ style=”list” align=”none” withids=”” displayby=”tag” orderby=”date”]

Karena itu, sebagai perusahaan pangan berskala internasional, Cargill mendukung penuh upaya pengentasan problem kelaparan dan malnutrisi di Indonesia, khususnya di Manyar.

“Program stunting ini merupakan tonggak awal sebelum melakukan berbagai upaya intervensi di lapangan,” imbuh Adi.

Ditambahkan, Project Leader team Penala Samahita Parma Andri Siswanto, sebagai mitra Cargill dan implementor di lapangan menambahkanSolusi persoalan stunting bukanlah semata-mata menjadi urusan tenaga kesehatan, namun justru membutuhkan kekutan kolaborasi berbagai pihak secara holistik.

“Antara pemerintahan desa, Puskesmas kelompok kader kesehatan, juga tokoh masyarakat yang ada di desa,” urainya.

Dengan menyadari posisi masing-masing ini, lanjut Andri, siapa akan melakukan apa, secara bersama-sama akan merumuskan langkah intervensi yang paling sesuai untuk 3 Desa di Kecamatan Manyar.

Baca juga:  Inspeksi ke Pasar Baru Gresik, Bupati Cek Harga Sembako Jelang Nataru 2022

Wakil Bupati (Wabup) Gresik Aminatun Habibah yang hadir dalam kesempatan itu mengapresiasi langkah Cargill dan Penala. Dia menegaskan akan mensupport penuh program yang berlangsung 1,5 tahun itu.

“Kami akan support penuh, baik dari data maupun yang lainnya,” kata orang nomor dua di Gresik itu.

Nah, bagi Wabup, peran industri sangat dibutuhkan dalam pengembangan sumberdaya manusia seperti penanganan stunting ini. Karena Pemerintah tentu tak bisa sendirian.

“Karena pertumbuhan adalah tanggung jawab orang tua, namun saat orang tua anak tak mampu maka menjadi urusan kita bersama,” ujarnya. (aam)

Komentar

Berita Terpopuler

Penetapan UMK Gresik 2023, Buruh Tuntut Kenaikan Gaji Sebesar Rp 4,9 Juta

GresikSatu | Penetapan Upah Minimum Kabupaten (UMK) 2023 di Gresik sepertinya akan berjalan alot. Antara pengusaha, buruh dan pemerintah belum menemukan titik terang. Untuk...

DPMPTSP Jatim Gencarkan Roadshow Pelayanan Perizinan Gratis di Gresik

GresikSatu | Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan DPMPTSP Gresik menggelar roadshow pelayanan perizinan gratis...

Baru Menikah Satu Bulan, Pasutri di Gresik Terlibat Kecelakaan, Suami Meninggal, Istri Luka-luka 

GresikSatu | Nasib nahas dialami pasangan suami istri (pasutri) Budi Masangga Setiawan (23) dan Izzatul Muhida (24). Pasangan muda, yang baru saja menjalin rumah...

Polsek Driyorejo Bekuk Pelaku Curanmor, Sepeda Motor Langsung Dikembalikan ke Pemiliknya 

GresikSatu | Jajaran Unit Reskrim Polsek Driyorejo membekuk pelaku kasus pencurian sepeda motor di Desa Krikilan, Kecamatan Driyorejo, Gresik. Pelaku diketahui bernama Ikbal S...

Korban Sodomi di Gresik Alami Gejala Sering Meludah, Gara-gara Trauma Mengulum Alat Vital Pelaku

GresikSatu | Nasib korban sodomi di Kabupaten Gresik terus menjadi perhatian. Bocah AR yang menjadi korban masih mengalami trauma, bahkan saat ini, korban masih...

Enak-enak Tidur Nyenyak, Rumah Warga Driyorejo Gresik Dilahap Api

GresikSatu | Sebuah rumah di Desa Mojosarirejo, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik dilahap api. Rumah milik Subandi ini tersisa pondasi tembok, kayu penyangga serta atap...
Berita terbaru
Berita Terkait