Minggu, 25/09/2022 | 18:57 WIB
Gresik Satu
Berita Gres Lifestyle

Meriahkan HUT RI, Warga Sambiroto Kecamatan Balongpanggang Gelar Kirab Budaya

kirab budaya
Kirab budaya dan sedekah bumi diadakan warga Dusn Sambiroto,Desa Balongpanggang, Kecamatan Balongpanggang./ (Foto: Ril/istimewa)

GresikSatu I Acara kirab kebudayaan dan sedekah bumi Dusun Sambiroto, Desa Balongpanggang, Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik di ikuti seluruh warga. Dalam kirab itu, masing-masing Rukun Tetangga (RT) di wajibkan memakai pakaian suku di Indonesia.

Seperti misalnya, warga RT 001 memakai pakaian tradisional Jawa dan Kalimantan dengan pernak pernik atau hiasan masing-masing daerah. Pun demikian warga RT 002 memakai tema pakaian ala keraton Jawa, dengan simbol raja sedang menunggang seekor kuda diiringi para prajurit dan abdi dalem keraton.

Sementara RT 003 seluruh warganya memakai pakaian khas Bali lengkap dengan ogoh-ogoh berupa Hanoman (Kera Putih). Warga RT 004 tidak ingin ketinggalan, memakai pakaian khas jawa dan sunda dengan mengusung ogoh-ogoh berupa Buaya hijau raksasa. Sedangkan warga RT 005 juga memakaian pakaian adat Jawa dan Bali dengan diiringi mahluk mitologi Leak, seluruh warga tumpah ruah berjalan beriringan mengelilingi Desa.

Tidak lupa dalam kirab itu setiap peserta (RT) diwajibkan untuk membawa gunungan berupa buah-buahan dan hasil bumi lainnya seperti padi sebagai simbol bersyukur atas apa yang sudah Tuhan berikan kepada seluruh warga Dusun.

Kepala Dusun Sambiroto Sulkan (50) mengatakan acara kirab budaya, sedekah bumi dan jalan sehat ini kali pertama diadakan. Sehingga membuat warga sangat antusias, animo warga membuat jadi guyup rukun. Juga acara ini sekaligus untuk merayakan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 tahun 2022 ini.

“Acara ini untuk memeriahkan HUT RI ke-77. Agar meriah, kami mewajibkan seluruh warga ikut berpartisipasi. Sebelum acara kirab budaya dan sedekah bumi, digelar jalan sehat diikuti seluruh warga. Pada acara puncak ada pagelaran wayang kulit dan alhamdulillah berjalan lancar,” katanya, Rabu (31/8/2022).

Sulkan menambahkan, sebagai bentuk apresiasi pihaknya memberikan masing-masing RT yang berpartisipasi dalam memeriahkan acara ini penghargaan berupa piala serta piagam. Juga berterimakasih kepada seluruh warga, mudah-mudahan tahun depan bisa kembali menggelar acara yang lebih spektakuler.

“Selain memberikan hadiah kepada masing-masing pemenang jalan sehat, kami juga memberikan apresiasi berupa penghargaan pada masing-masing RT yang sudah berpartisisipasi dalam mewujudkan acara ini. Kami sangat berterimakasih kepada seluruh warga. Semoga tahun depan lebih meriah,” ucapnya.

Sementara itu, Wiwik salah satu warga RT 003 yang mengikuti kirab budaya mengaku sangat senang dengan diadakannya kirab budaya ini. apalagi seluruh warga Dusun mengikuti mulai dari anak-anak, remaja hingga orang tua.

“Secara pribadi saya senang dan antusias. Di kirab budaya ini, RT kami memakai tema adat Bali dan mendapatkan penghargaan. Kami semua masyarakat sangat menikmati, mudah-mudahan tahun depan lebih bagus,” ungkapnya. (Tov)