Kamis, 30/06/2022 | 01:26 WIB
Gresik Satu
Pemerintahan

Mudahkan Akses Baca Buku di Gadget, Dinas Perpussip Gresik Sedia Aplikasi iGresik 

Teks foto :Tampilan platform aplikasi iGresik perpustakaan digital Perpussip Pemkab Gresik (Faiz /gresiksatu.com)

GresikSatu | Untuk memudahkan akses literasi membaca buku di Era Digitalisasi. Masyarakat Gresik sudah bisa mengakses membaca buku lewat gadget atau handphone (HP).

Apalaksi itu disediakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Perpussip) Pemkab Gresik. Dalam aplikasi itu sudah tersedia ribuan buku. Mulai buku mata pelajaran tingkat SD, SMP, dan SMA. Bahkan buku referensi kuliah maupun buku bacaan novel, cerpen dan buku umum lainnya. 

Cara memakainya pun mudah, masyarakat cukup mendowload aplikasi di Play Store. Lalu memasukkan email aktif untuk bisa mengakses buku di dalam perpustakaan itu.

Sistemnya pun sama layaknya mendatangi perpustakaan. Setelah membuka aplikasi dan memilih buku yang dipilih, pengguna secara langsung melakukan peminjaman buku. Isi buku didownload secara online.

“Setelah proses download buku bisa dibaca secara offline. Setiap user (pengguna Red) maksimal meminjam 3 buku dalam jangka waktu seminggu,” kata Staf Perpustakaan Digital Nur Kholifah, Sabtu (11/6/2022).

Baca Juga : Dipicu Kenaikan Avtur, Harga Tiket Pesawat Susi Air Naik Rp 100 Ribu 

“Jika melewati batas yang ditentukan, maka harus mengulangi meminjam buku lagi,” tambahnya.

Dikatakan, semua buku yang tersedia sudah melulu izin dari penerbit dan penulis untuk di posting atau dibaca dalam bentuk digital. Sama halnya buku-buku yang sudah tersedia di aplikasi iPusnas yang diterapkan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ada . 

“Aplikasi iGresik ini berkerja sama dengan pengembang platform teknologi Aksaramaya,” ujarnya. 

Menurutnya, di aplikasi yang sudah berjalan sejak tahun 2020 itu sudah ada 2. 644 judul buku, dan 8000 eksemplar. Kendati demikian aplikasi perpustakaan ini masih butuh peningkatan lagi. Karena akses aplikasi, sementara masih untuk pengguna sistem android dan komputer. 

“Untuk sistem di iOS belum mendukung. Namun setiap tahunnya sejak aplikasi ini tersedia, ada peningkatan user setiap tahun. Dari jumlah user 10, 20, perlahan bertambah 30 sampai 40 user sehari,” tambahnya memungkasi. (faiz/aam)

Full Day School