Jumat, 27/05/2022 | 01:09 WIB
Gresik Satu

Nikmati Cuanki Jajanan Khas Sunda di GKB Gresik, Perpaduan Gurih dan Pedas

Bakso Cuanki khas Sunda / foto sah

GresikSatu | Bagi warga Sunda bakso cuanki merupakan kuliner istimewa. Kelezatannya sangat menggugah selera. Apalagi jika ditambahi dengan siomay kering, membuat lidah tak berhenti berkunyah.

Tenang, bagi Anda yang kangen dengan jajanan ini, tak perlu khawatir. Sebab makanan ini sudah tersedia di Kabupaten Gresik. Tepatnya, di kedai di Jalan Brotonegoro Timur, Gresik Kota Baru (GKB), Kecamatan Manyar.

Rasanya pun tak jauh dari tempat asalnya. Lezat dan nikmat. Penyajiannya, bumbu racikan dan minyak bawang dibubuhkan ke dalam mangkok. Kemudian, ditambahkan bawang goreng.

Selanjutnya diberi kuah hangat. Tak lupa, bakso cuanki diceburkan di dalamnya. Topingnya pun bermacam-macam mulai cuanki lidah, siomay kering, cikur, tetelan dan lain sebagainya.

Baca juga : Menu Kuliner Bakar Sambal di atas Cobek, Sensasi Masakan Pedas Tingkat Dewa

Owner Baso Cuanki Cep Bewok, Rini Herliani mengatakan, racikan bumbu menjadi kunci utama kelezatan. Sejak buka pada 2018 silam, racikannya pun konsisten.

Racikan bumbu, kata Rini dibuat langsung oleh juru masak yang berasal dari Garut. Tak heran kini usahanya semakin berkembang hingga memiliki 7 cabang.

“Enam di Gresik, satu di Lamongan. Kami terus melakukan pengembangan. Kalau disini, (Kedai, Jalan Brotonegoro GKB) paling ramai ya 1.500 posrsi sehari. Kalai sepi ya minim 500 porsi,” katanya, Minggu (12/2/2022).

“Menariknya kami ada dua sambal yang berupa cabai kering halus serta minyak cabai, sambalnya ambil sepuasnya,” tambahnya.

Baca juga : Resep Es Gabus dari Daun Kelor, Ala Siswa SD Muhammadiyah Gresik

Terkait harga, Rini mematok harga wajar. Pelanggan bisa menikmati mulai dengan harga Rp12 ribu hingga harga paling mahal Rp20 ribu. Untuk minumannya juga terjangkau mulai Rp3 ribu.

“Selain bisa dibeli di gerai, pelanggan juga bisa membeli Frozen food maupun lewat aplikasi pemesanan antar makanan,” imbuh **