Minggu, 29/05/2022 | 06:32 WIB
Gresik Satu

Nikmatnya Ngemil Jajanan Cipeng dan Cirambay khas Jawa Barat

Teks foto : Jajanan Cipeng enak dimakan ngemil pasca berbuka puasa (Faiz/gresiksatu.com)

GresikSatu | Bagi yang suka ngemil saat pasca berbuka puasa, pas kiranya nyobain jajanan cipeng dan cirambay. Makanan khas Jawa Barat ini ada di Kabupaten Gresik. Tepatnya di Jalan Jawa GKB Gresik. 

Dari rasanya yang gurih dan pedas. Banyak pembeli memburu jajanan dari bahan tepung kanji ini selama bulan ramadhan. Terlihat saat Kedai jajanan ini buka jelang Mahgrib. Suasana muda Mudi banyak antri membeli camilan santai ini. 

Salah satu pembeli Nauval mengaku sengaja ngabuburit dikawasan Gresik Kota Baru (GKB). Pemuda berusia 19 tahun itu penasaran dengan kedai jajanan Cipeng dan Cirambay. 

“Ini Jajan hanya satu- satunya yang ada di Kabupaten Gresik. Enak bisa buat ngemil pasca buka puasa dan sholat tarawih,” ucapnya.

Baca Juga : Ajari Anak Berbagi Sejak Dini, TK Al Hayyan Bagikan Takjil 

Pemilik Kedai Jajana Cipeng dan Cirambay Rini Herliana mengatakan, dalam sehari dirinya menghabiskan adonan tepung kanji sebanyak 25 kg. Untuk sekali produksi. 

“Alhamdulillah laris. Sehari bisa menjual sampai 300 porsi dari Cipeng atau Cirambay,” ucapnya. 

Bagaimana dengan omsetnya? Rini menyebut selama bulan Ramadhan, ada penigkatan omset sekitar 100 % dibanding hari – hari biasa. 

“Untuk harganya juga murah. Satu bungkus Cipeng Rp 10 ribu, Cirambay Rp 12 ribu. Sedangkan untuk cimol original Rp 10 ribu juga. Buka mulai pukul 15.00 WIB jelang buka puasa,”paparnya.

Baca Juga : Siap-siap  Masyarakat Gresik Bakal  Terima BLT Migor

Sekedar diketahui, Jajanan Cipeng adalah jajanan yang terbuat dari tepung kanji lalu di olah menjadi Cimol yang dimodifikasi dengan dipipihkan atau digepengkan.

Sedangkan Cirambay adalah olahan jajanan Cimol yang dimasukkan kedalam cetakan mie hingga bentuknya berubah mirip mie namun berbahan dasar tepung kanji.

Cipeng dan Cirambay kemudian digoreng. Setelah matang langsung diberi bumbu olahan dan diaduk sampai rata. Pembeli juga bisa reguest tingkat kepedasan. (faiz/sah)