Jumat, 27/05/2022 | 22:51 WIB
Gresik Satu

Pabrik Kayu di Kebomas Terbakar, Dipicu Karena Putung Rokok

Teks Foto : Kebakaran terjadi di Pabrik Kayu Kecamatan Kebomas. (Faiz/gresiksatu.com)

GresikSatu | Sebuah kebakaran melanda pabrik kayu di Kelurahan Gulomantung, Kecamatan Kebomas, Gresik, Minggu (8/4/2022) pagi tadi. Api melahap tiga bangunan, disertai dengan suara ledakan berkali-kali. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Kebakaran yang menghaguskan PT Brawijaya, pertamakali diketahui pukul 07.30. Dugaan sementara, penyebab kebakaran dipicu karena putung rokok, lalu membakar tumpukan serbuk kayu. Dalam sekejap, kebakaran hebat terjadi.

Semula,  asap mengepul dari bangunan sisi tengah lalu merembet ke bangunan di sisi kanan dan kirinya. Sejumlah armada dan petugas pemadam kebakaran sudah tiba di lokasi untuk melakukan pemadaman.

Kepala Dinas Damkarla Pemkab Gresik Agustin Halomoan Sinaga mengatakan,  api dengan cepat membesar karena material yang ada di dalam gudang. Yakni tumpukan kayu dan serbuk.

Baca Juga : Ratusan Sapi di Gresik Terinfeksi Wabah Penyakit Mulut Kuku 

“Ada tumpukan tinner juga di gudang sisi selatan. Suara ledakan berulang kali itu akibat ledakan tabung tinner,” katanya, Minggu (8/5/2022).

Lebih lanjut dijelaskan, bangunan di sisi tengah sudah miring. Jika kebakaran tidak segera dipadamkan, bangunan tersebut berpotensi ambruk. Lebih – lebih akan menjalan ke bangunan lain di sekitarnya.

“Sekitar jam 09.21, si jago merah masih mengamuk dan petugas pemadam kebakaran masih berjibaku,” paparnya.

Juga tampak di lokasi personel dari Polsek Kebomas yang melakukan pengamanan lokasi. Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan menunggu proses pemadaman selesai. (faiz/aam)