Selasa, 09/08/2022 | 21:54 WIB
Gresik Satu
Berita Gres Politik

PAN Gresik Usulkan Enam Nama Capres 2024

gresiksatu.com
Rakerda DPD PAN Gresik di Hotel Khas Gresik. (Foto : Aam/Gresiksatu.com)

GresikSatu | Perhelatan Pilpres 2024 memang masih lama, namun beberapa nama tokoh yang digadang-gadang menjadi kendidat kuat mulai bermunculan. Mulai dari nama Menteri Pertahanan Prabowo hingga Hingga Gubenur DKI Anis Baswedan.

Seperti tidak mau ketinggalan momen, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) kabupaten Gresik, juga ikut merekomendasikan nama-nama yang cocok menyandang kabdidat capres.  Forum rapat kerja daerah (rakerda) pertama di Hotel Khas Gresik, Minggu (26/06/2022) bahkan memunculkan enam nama capres.

Antara lain, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan alias Zulhas, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa, Sekjen PP Muhammadiyah Abdul Muti, Menteri BUMN Erick Thohir dan Panglima TNI Andhika Prakasa.

Ketua DPD PAN Kabupaten Faqih Usman mengatakan, nama-nama yang diusulkan merupakan tokoh nasional memiliki elektabilitas tinggi dan merepresentasikan semua golongan. Ia yakin enam nama yang direkom memiliki elektabilitas tinggi.

“Usulan Capres dan Cawapres ini akan disampaikan ke DPW PAN bersama dengan usulan dari DPD PAN Kabupaten/Kota lain di Jawa Timur,” katanya.

Selain itu, Faqih Usman juga menuturkan, nama yang diusulkan, harus memenuhi minimal lima kriteria atau syarat. Diantaranya, nasionalis religius, rekam jejak kepemimpinan yang kuat, berpihak kepada kelanjutan inovasi dan berkolaborasi.

“Paling penting, mempresentasikan semua golongan, serta berwawasan nusantara dan berperspektif global. Apalagi Indonesia kan terdiri dari bersuku-suku, jadi pemimpinnya mempresentasikan semua golongan agar tidak terjadi pembelahan,” paparnya.

Tak hanya menyiapkan nama capres, dalam Rakerda PAN Gresik, juga membahas sejumlah persiapan menjelang pemilu 2024. Seperti verifikasi parpol, mekanisme perekrutan pencalegan, rekrutmen saksi, tata cara penggunaan aplikasi SIMPAN, dan penetapan pengurus DPC dan Ranting Partai Amanat Nasional se-Kabupaten Gresik.

“Alhamdulilah persiapan pilpres 2024 soal verifikasi partai PAN Gresik telah tuntas 100 persen. Sedangkan, rekrutmen saksi ditargerkan mencapai 75 persen pada akhir Juni Mendatang,” pungkasnya. (aam)