Senin, 03/10/2022 | 16:13 WIB
Gresik Satu
Berita Gres Pemerintahan

Panggung GNI Gresik Bakal Terfasilitasi dengan Layar Full Screen

Gresiksatu.com
Layar full screen di dalam ruangan GNI akan segera dibangun (Foto : Dinas Cipta Karya PKP for Gresiksatu.com)

GresikSatu | Ruang ekspresi bagi pelaku kesenian dan kebudayaan Gedung Nasional Indonesia (GNI) Gresik bakal menjadi tempat ekspresi kesenian yang representatif. Terbaru, progres pembangunan gedung cagar budaya itu akan dipasang videotron atau layar full screen di dalam ruangan.

Dilengkapi podium. Nantinya para pelaku kesenian dan kebudayaan semakin ramai berkreasi dan berekspresi di gedung GNI Gresik ini. Lokasinya ada di ujung barat bagian dalam ruang utama tersebut. 

Kepala Dinas Cipta Karya PKP Gresik Ida Lailatus Sa’diyah mengatakan, untuk pemasangan layar full screen itu diikut sertakan anggaran Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (PAPBD) tahun 2022 ini.

“Nantinya layar full screen itu bisa dibuat kegiatan kesenian. Pentas seni, nobar, hingga nonton film karya anak Gresik,” ucapnya, Jum’at (20/8/2022). 

Menurutnya, layar full screen di GNI ini berukuran 5. 75 x 3.70 meter dan dipasang secara permanen. Pihaknya pun sudah bertemu dengan rekanan yang akan memasang, dan sudah mempresentasikan.

“Dimulai tahun ini menggunakan anggaran PAPBD. Dana kontrak senilai Rp 3 M,” jelasnya. 

Saat ini gedung di Jalan Pahlawan itu sudah terawat dan memang tidak banyak berubah. Hal ini karena proyek perbaikan melibatkan arkeologi dan juga gedung merupakan cagar budaya. 

Diketahui, sejak tahun 2021 kemarin Pemkab Gresik telah mengucurkan anggaran untuk pemugaran GNI. Agar gedung yang berada di tengah kota itu bisa kembali dimanfaatkan. Tahun 2021 lalu, anggaran disediakan Rp 2,3 miliar. Anggaran tersebut digunakan untuk pemugaran gedung sesuai dengan bahan dan bentuk aslinya.

Setelah pemugaran fisik cagar budaya Gedung Nasional Indonesia (GNI) Gresik, Pemkab Gresik melalui APBD 2022 ini kembali menganggarkan untuk GNI Gresik sebesar Rp 3,8 miliar. Meliputi pengadaan tempat duduk, peredam suara, lighting, sound sistem, pintu, jendela, cat ruangan, serta penataan panggung pentas seni. Pemenang lelang CV Jamus Manshurin. 

Anggaran tersebut berbeda dengan anggaran untuk layar yang dianggarkan pada PAPBD. Pekerjaan ini diperkirakan bulan Agustus nanti finishing GNI Gresik sudah bisa dimulai. Kemudian bisa selesai pada tutup tahun 2022 ini.

“Target tahun ini selesai karena pekerjaan hanya dua tahun,” imbuhnya memungkasi. (faiz/aam)