Minggu, 25/09/2022 | 17:29 WIB
Gresik Satu
Berita Gres

Pantai Dalegan Gresik Jadi Lokasi Pecah Rekor MURI, Dalam Upacara Bendera Bawah Laut

Gresiksatu.com
Para penyelam usai mengibarkan bendera dalam dasar laut di Pantai Dalegan, Panceng, Gresik (Foto : Faiz /Gresiksatu.com)

GresikSatu | Dalam perayaan kemerdekaan RI ke-77, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) telah mencetak rekor baru. Yakni melakukan upacara bendera bawah laut, serentak di 77 lokasi di Indonesia.

Menariknya, satu diantara banyak lokasi pencetak rekor MURI itu, dilakukan di Pantai Dalegan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik. Upacara bawah laut dilakukan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V, Surabaya, ini mengiringi peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77, pada Rabu (17/8/2022).

Sebelum dilakukan pengibaran bendera dalam dasar laut, sebanyak 17 penyelam dari prajurit TNI AL, Jalasenastri Korcab V DJA II, bersama Polairud Polda Jatim serta klub selam, sudah melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih terlebih dahulu di tepi pantai Dalegan. 

Para penyelam kemudian membawa bendera pada kedalaman kurang lebih 10 meter. Dengan susunan inspektur upacara, komandan upacara, pengibar bendera dan peserta upacara. Kemudian membawa bener ucapan Dirgahayu RI dari bawah laut dengan tema ‘Membangun Kejayaan Maritim untuk Indonesia pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat’. 

Wakil Komandan Lantamal V Kolonel Marinir Joni Sulistiawan mengatakan, pengibaran bendera merah putih di dalam laut tidak mengalami kendala. Kecepatan angin 10 knot tidak ada hambatan. Gelombang tidak begitu besar. 

“Lantamal V melaksanakan perintah dari Kasal melaksanakan pengibaran bendera dari bawah air. Bertujuan untuk membangkitkan kejayaan maritim di Indonesia,” ucapnya, Rabu (17/8/2022).

Pantai Dalegan lanjut dia, merupakan titik ke-62 dari 77 titik yang diselenggarakan pengibaran bendera di bawah dasar laut se Indonesia. Dengan jumlah penyelam dari 77 titik itu sekitar 800 penyelam di seluruh indonesia melaksanakan pengibaran bendera di bawah laut. 

“Ini mendapatkan rekor muri penyelam terbanyak dan mengibarkan bendera bawah laut terbanyak di seluruh dunia. Ini amanah bapak kasal membangkitkan kejayaan maritim untuk Indonesia pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat,” tambahnya memungkasi. (faiz/aam)