Senin, 03/10/2022 | 16:14 WIB
Gresik Satu
Berita Gres

Pasar Rakyat Festival Santri 2022, Upaya GP Ansor Bangkitkan Ekonomi Warga Gresik

Gresiksatu.com
Ketua PCNU Gresik KH Mulyadi saat membuka secara simbolis dengan memukul rebana kegiatan pasar rakyat dan festival santri 2022 di Alun-alun Sidayu, Gresik (Foto: Faiz /Gresiksatu.com)

GresikSatu | Di tengah masa transisi pandemi Covid-19, geliat ekonomi sudah mulai muncul. Kegiatan pertumbuhan ekonomi masyarakat kelas bawah pun terus menjadi perhatian. Seperti halnya dilalukan kalangan pemuda yang tergabung dalam Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Gresik

Banom Nahdlatul Ulama itu, gelar pasar rakyat dan festival santri di Alun-alun Sidayu, Gresik. Ribuan masyarakat Gresik utara tumpek blek dalam malam pembukaan ini. Kegiatan ini akan berlangsung selama 10 hari kedepan. Mulai tanggal 16 sampai 25 September 2022.

Pada malam pembukaan kemarin malam, Jumat (16/9/2022). Turut hadir dalam acara pembukaan tersebut, pengurus Tanfidiyah dan Syuriah PCNU Gresik, Ketua PCNU Gresik KH Mulyadi, Bendahara GP Ansor Gresik M Syahrul Munir, Forkopimcam Sidayu, Sekretarus PW Ansor Jatim, seluruh kader dan aktivis Nahdliyin . Baik pelajar, pemuda, perempuan hingga ulama, serta seluruh masyarakat sekitar. 

Ketua GP Ansor Abdul Rohim mengatakan, kegiatan yang berlangsung 10 hari ini. Dengan niat meningkatkan ekonomi masyarakat kalangan menengah ke bawah, dan menyongsong usia 1 abad NU. 

“Kami juta melaunching koperasi sahabat Ansor Gresik sebagai ikhtiar kemandirian ekonomi berjalan secara masif dalam organisasi,” ucapnya, Sabtu (17/9/2022).

Ketua Panitia acara Muhammad Nadlim menyampaikan, dalam 10 hari kedepan akan ada banyak kegiatan. Termasuk festival santri yang didalamnya ada perlombaan dari beberapa pesantren di Gresik. “Acara kegiatan ini juga dalam menyambut Hari Santri pada Oktober nanti,” ujarnya. 

Di tempat yang sama, Ketua Tanfidiyah PCNU Gresik KH Mulyadi mengapresiasi acara kegiatan pasar rakyat dan festival santri 2022. Sudah ada sekitar 1000 banser lebih dalam pelaksanaan acara ini. Ditambah dengan jamaah Fatayat turut meriahkan acara ini. 

“Jamiyyah NU memang Jamiyyah yang membangun peradaban, dari kecil sampai besar, dari berbagai usia, dari berbagai strata. NU hidup dan ada dalam keberagaman. Ini kegiatan yang harus dihidupkan,” ucapnya. 

“Semoga kita diberkahi dalam menyongsong 1 Abad NU,” harapnya. 

Hal senada juga disampaikan Camat Sidayu Nuryadi. Pihaknya mengaku bangga dan senang persembahan karya dari anak Gresik. 

“InsyaAllah aman dan secara langsung membangkitkan perekonomian masyarakat Kecamatan Sidayu,” jelasnya. Di sela-sela acara, juga dilaksanakan pemberian umroh gratis kepada 20 kader GP Ansor Gresik secara simbolis.

Diketahui, dalam 10 hari kegiatan berlangsung dengan beberaoa agenda diantaranya, Ansor Bersholawat (Habib Hanif bin Abdullah Al Haddad), Istighosah dan pengajian parade banjari, launching koperasi sahabat ansor Gresik (SAG).

Kemudian sholawat santri, parade kreasi santri, ngaji budaya menempa pustaka merawat pusaka, festival mars ansor, banser, dan rijalul ansor, senam gembira fatayat, obral produk UMKM, dam festival jajanan, wahana mainan, cak Sodiq religi, dan duo virgin religi. (faiz/aam)