Senin, 03/10/2022 | 16:04 WIB
Gresik Satu
Pemerintahan

PD DMI Gresik Gelar Pelatihan dan Pembinaan Imam Masjid Se-Kabupaten Gresik

whatsapp image 2022 08 24 at 19.56.06
Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah dan PD DMI saat memberikan bantuan kepada imam masjid se kabupaten, Rabu (24/8/2022)./ (Foto:TBK/gresiksatu.com)

GresikSatu I Pengurus Daerah (PD) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Gresik, gelar Kegiatan pelatihan dan pembinaan imam masjid se Kabupaten Gresik di Masjid Agung, Rabu (24/8/2022) di hadiri lebih dari 350 Imam.

Para Imam ini nantinya akan diberikan bekal pelatihan dan bantuan Uang Kehormatan Imam Masjid (UKIM) sebagai upaya dalam berdayakan Imam Masjid di Gresik yang nanti bersinergi dengan Bank Jatim, para Imam Masjid akan diarahkan untuk buka rekening sebagai upaya permudah dalam berikan UKIM nantinya.

Turut hadir Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, Anas Bashori (Ponpes Ilmu Al-Quran), Mansyur Shodiq Ketua MUI, Fathoni Abdul Syukur Mustasyar Pengurus Daerah DMI, Sahid Kemenag Gresik, Suhadi Sekjen DMI JATIM, Hasan Basri Baznas Gresik, Nanang Kesbangpol, dan para undangan lainnya.

Wakil Bupati yang akrab disapa Bu Min menyampaikan untuk selalu jaga kesehatan dimasa pandemi Covid-19 seperti ini. Menurutnya jenis Covid-19 kali ini lebih berbahaya, beruntung sudah banyak yang vaksin terutama imam masjid yang sering beraktivitas di kerumunan. Dalam kaitannya dengan Pemkab Gresik yang beri bantuan pada marbot dan sebagainya akan terus usahakan tiap tahun ada peningkatan bantuan yang diberikan.

“Kami dari pemerintah Kabupaten Gresik, berusaha meskipun tidak bisa sebanyak Imam, tetapi kami berusaha memberikannya setiap tahun” ungkapnya.

Bu Min juga tekankan pada seluruh Imam yang hadir saat itu bahwasanya penting Masjid untuk jadi ramah anak-anak. Menurutnya banyak Masjid sekarang ini yang sering mengusir atau istilahnya ngubraki. Padahal anak-anak yang nantinya akan tumbuh dewasa dan menggantikan para orang tua dalam mengurus Masjid.

“Kami, Pemkab Gresik, dan teman-teman organisasi kemasyarakatan mengharapkan masjid ini ramah anak-anak, sekarang kalau ada anak-anak sering diobraki oleh penjaga masjid, mau belajar jama’ah dari mana kalau sering diobraki?” ungkapnya.

Zainal Abidin Ketua PD DMI Kabupaten Gresik mengungkapkan kegiatan ini merupakan silaturahmi antar Imam Masjid dan DMI Gresik untuk berikan pelatihan dan pembinaan serta bantuan UKIM dari APBD Provinsi. Yang mana distribusi UKIM kali ini jadi sedikit berbeda, yang dulunya Rp. 2.000.000 meningkat menjadi Rp. 2.500.000.

“Dulunya lewat PC DMI per kecamatan, maka sekarang langsung masuk ke rekening Bank Jatim tiap-tiap Imam. Hal ini sangat penting sebagai bentuk sinergitas dari PD DMI Gresik dan Pemkab Gresik,” katanya.

Kepala Kemenag Gresik Sahid dalam sambutannya memberi apresiasi pada seluruh pihak utamanya Pemkab Gresik, atas bantuan yang diberikan tidak hanya Imam Masjid tapi juga Marbot Masjid, Guru Madin, dan Santri yang ada di Kabupaten Gresik melalui Dinas Sosial.

“Karena Pemkab Gresik tidak hanya memberikan bantuan pada para imam masjid, tapi juga insyaallah marbot masjid, santri dan guru taman pendidikan Al-Qur’an, santri dan guru madin, siswa dan guru madrasah di Kabupaten Gresik insyaallah seluruhnya telah mendapatkan bagian” ungkapnya. (Tov)