Selasa, 04/10/2022 | 07:30 WIB
Gresik Satu
Ekonomi

Peduli Mutu Pendidikan, SIG Borong Penghargaan Nusantara CSR Awards

Gresiksatu.com
Hendra, Departemen Komunikasi dan Hukum PT Semen Gresik menerima Penghargaan Nusantara CSR Awards 2022. (Foto : Humas Semen)

GresikSatu | Kepedualian PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) terhadap dunia pendidikan, membawa perusahaan ini diganjar penghargaan. Pemberian penghargaan, diserahkan di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta pada Jumat (26/8/20222) lalu.

Menariknya, selain pendidikan, dalam ajang Nusantara CSR Awards 2022 ini, SIG memborong lima penghargaan sekaligus. Antara lain, Pemberdayaan Ekonomi Komunitas, Pengembangan Desa Wisata, Pemberdayaan Penyandang Disabilitas, serta Pemimpin Penginspirasi Praktik CSR.

Diketahui, ajang bergegsi Nusantara CSR Awards 2022 ini, diselenggarakan oleh The La Tofi School of Social Responsibility. Penghargaan ini ditujukan bagi perusahaan yang dianggap mempunyai komitmen dan kontribusi bagi masyarakat dan lingkungan.

General Manager of CSR SIG Edy Saraya mengatakan, perusahannya terus bertanggung jawab untuk memberikan manfaat positif bagi masyarakat. Penghargaan ini merupakan apresiasi sekaligus motivasi bagi SIG untuk menjalankan program CSR yang sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

“Hal ini kami lakukan demi mewujudkan tercapainya tujuan pembangunan yang berkelanjutan serta upaya menjaga harmonisasi dan tumbuh bersama masyarakat”, imbuh Edy Saraya.

Dijelaskan, untuk kategori Peningkatan Mutu Pendidikan, SIG dinilai berhasil atas upaya meningkatkan pengembangan dan kualitas masyarakat dalam bidang pendidikan dalam Program SIG Cerdas. Yakni melalui bantuan sarana dan prasarana pendidikan, beasiswa pendidikan untuk masyarakat sekitar perusahaan, serta pelatihan guru TPQ.

“Kami juga beberapa minggu lalu, telah memberikan bantuan kepada TPQ Mujahadah dan TPQ Manbaul Ulum. Nilai yanh digelontorkan berjumlah miliaran,” katanya, Selasa (30/8/2022).

Lebih lanjut, pemberian bantuan ini merupakan wujud komitmen SIG dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama yang diharapkan dapat melahirkan generasi emas penghafal Al-Qur’an.

“Dengan bantuan ini, diharapkan dapat menumbuhkan semangat dalam menjalankan ibadah serta meningkatkan pendidikan agama bagi masyarakat sekitar,” bebernya.

Selanjutnya, pada pada kategori Pemberdayaan Ekonomi Komunitas diberikan atas upaya inisiatif meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat serta mendukung program pemerintah dalam pengentasan kemisikinan di Indonesia.

“Tahun 2021 SIG telah membina lebih dari 40.000 kelompok UMKM binaan dengan serapan 80.000 tenaga kerja yang tersebar di wilayah operasional SIG Group. SIG juga telah membantu UMKM kelompok komunitas naik kelas, termasuk 287 UMKM yang tergabung di Rumah BUMN SIG Rembang,” jelasnya menghadiri Nusantara CSR Awards. (aam)