Sabtu, 02/07/2022 | 11:41 WIB
Gresik Satu
Pendidikan

Pelajar di Gresik Temukan Kulit Kelapa Bisa Menjadi Energi Listrik

Foto : Dua pelajar SMA Muhammadiyah 1 Gresik saat mencoba penemuan limbah kelapa muda jadi sumber listrik (aam/gresiksatu.com)

GresikSatu | Dua orang pelajar di SMA 1 Muhmmadiyah Gresik berhasil menemukan sumber energi listrik terbarukan dari bahan limbah kulit kelapa. Temuan tersebut menggembirakan dalam dunia ilmu pengetahuan.

Dua pelajar itu adalah, Haidar Muzafan dan Iqbaal Dzakwan, siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Gresik. Kedunya menemukan tenaga listrik terbarukan, bermula dari riset yang dilakukannya di sekolah.

“Limbah kulit degan ternyata memiliki kandungan komposisi elektrolit sebagai Sumber Energi Listrik Terbarukan,” katanya Haidar, Kamis (2/6/2022).

Selain itu, Haidar juga mengaku resah, sebab kulit kelapa muda ini banyak berserakan dimana-mana. Karena itu, kulit kelapa jika dimanfaatkan dengan baik, akan mengurangi pembuangan limbah.

“Bagian kulit degan ternyata kaya akan Kalium dan juga mengandung Klorida,” ujar pasangan Haidar dan iqbal.

Baca Juga : Peserta BPJS Kesehatan yang Memiliki Tunggakan Bisa Bayar Bertahap

Menurutnya, dalam kandungan Kalium di kulit kelapa jika beraksi dengan Klorida akan terbentuk KCI. Yakni elektrolit kuat yang dapat mengantarkan energi listrik.

“Terlebih dahulu mengubah dan menambah keasaman kulit degan dengan melakukan metode fermentasi,” terangnya.

Hasil risetnya tidak sia-sia. Karena senyawa kulit degan hasil risetnya mampu menyalakan sebuah lampu selama beberapa jam.

Sementara itu, Kepala SMA Muhamadiyah 1 Gresik Ainul Muttaqin mengapresiasi inovasi peserta didik dan guru pembimbing di sekolahnya.

Menurutnya, prestasi ini membuktikan pengembangan budaya riset di sekolahnya telah berjalan sesuai yang diharapkan.

“Saya bangga atas raihan prestasi kategori penelitian pada bidang sains dan sosial sejarah ini,” ujarnya. (aam)

Full Day School