Minggu, 29/05/2022 | 05:18 WIB
Gresik Satu

Pelantikan Kades Terpilih Akan Digelar Sebelum Hari Raya Idul Fitri 

Ilustrasi sukseskan pilkades

GresikSatu | Pelaksanaan Pilkades serentak yang diikuti 47 desa di Gresik, sudah selesai dihelar pada 26 Maret lalu. Pemkab Gresik berencana akan melakukan pelantikan serentak sebelum hari raya idul fitri, tepatnya tanggal 20 April 2022.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pemkab Gresik Suyono  memastikan, dari 47 desa itu tidak ada gugatan yang masuk ke pengadilan tata usaha negara (PTUN).

“Tahapan terus berlanjut dan berjalan lancar,” katanya, Rabu (13/4/2022) kepada Gresiksatu.com.

Menurutnya, sejauh ini, berkas seluruh kades terpilih sudah selesai dan proses surat keputusan (SK) tinggal tahap akhir.

Baca Juga : Berikut Nama-nama Cakades yang Terpilih dalam Pilkades Gresik 2022

“Sudah ada di meja bupati, tinggal ditaken selesai kemudian dilantik 20 April nanti,” ujar pria yang juga menjabat Asisten I itu. 

Kepala Bidang (Kabid) Bina Pemerintah Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Nur Salim menambahkan, pelantikan kepala desa terpilih itu paling lambat 11 Mei 2022. Namun, selama tidak ada sengketa pelaksanaan pelantikan bakal digelar pada 20 April 2022 nanti. 

“Rabu Legi, di Halaman Parkir Pemkab Gresik pukul 10.00 WIB,” terangnya.

Diketahui, dari 47 desa yang ikut kontestasi Pilkades, telah diikuti 118 calon baik petahana maupun baru. Namun calon petahana hanya menang di 14 Desa. Sedangkan 33 desa, merupakan kepala desa dari pihak penantang. (faiz/sah)