Minggu, 03/07/2022 | 19:37 WIB
Gresik Satu
Pemerintahan

Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Pulau Gili Bawean, Mulai Progres Pembangunan 

Teks foto : Bupati bersama jajaran Forkopimcam, serta Kepala Desa Sidogedungbatu, dan masyarakat warga Gili Timur saat menyaksikan progres pembangunan PLTS di Gili (Faiz /gresiksatu.com)

GresikSatu | Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Pulau Gili Timur Bawean Gresik sudah mulai progres. Pembangunan berdiri di atas lahan seluas 1.300 persegi.

Rencananya di akhir Tahun 2022 di Pulau Gili sudah bisa teraliri listrik yang berkapasitas 50 kilowatt peak (kWp). 

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat mendatangi lokasi pembangunan listrik di Pulau Gili Bawean, mengaku berterimakasih kepada PLN. Rombongan bupati tersebut didampingi OPD dan tokoh masyarakat setempat.

“Sejak zaman kemerdekaan, hak masyarakat Gili mendapatkan listrik belum ada. Alhamdulillah saat ini sudah mulai dibangun,” ucapnya, Rabu (1/6/2022).

Baca Juga : Pembukaan MTQ ke XXX di Bawean, Bupati Gresik Sebut Era Kebangkitan Ekonomi Masyarakat 

Gus Yani berujar, pembangunan aliran listrik ini hasil dari sinergitas Pemkab dan PLN Gresik. Dia berharap dengan pembangunan pembangkit listrik ini bisa bermanfaat kepada masyarakat Bawean khususnya Gili Timur. 

“Mulai mendengar aspirasi kami bersama warga Gili. Hingga kini dibangun salah satu titik pembangkit listrik tenaga surya Jawa – Bali oleh PLN unit Jatim,” ujarnya. 

Sekedar diketahui, selama ini aliran listrik didapatkan warga dengan cara patungan.  Itu pun, banyak terkendala karena warga menggunakan jetset dan aki, untuk mendapatkan listrik. Rencananya, pembangunan listrik bertenaga suraya akan selesai pada tahun ini. (faiz/aam)

Full Day School