28.4 C
Indonesia
Sab, 3 Desember 2022
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

28.4 C
Indonesia
Sabtu, 3 Desember 2022 | 16:27:47 WIB
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Pembangunan Longsor Pucem Dimulai Minggu Depan

GresikSatu | Pembangunan longsor di kawasan Putri Cempo (Pucem) Kabupaten Gresik bakal segera dikerjakan. Jadwal pengerjaanya dimulai pada minggu depan dan berakhir awal bulan Desember 2022.

Pembangunan longsor pucem dengan target dua pekerjaan utama. Yaitu pembuatan dinding penahan di bagian bawah tebing, dan penguatan bor peil di sisi lereng tebing. 

Pantauan di lapangan, kawasan longsor tebing yang longsor masih tertutup terpal warna hitam. Akses menuju jalan juga sangat sempit karena sebagian sudah terkikis longsor. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Gresik Achmad Hadi mengatakan, pengerjaan akan dimulai minggu depan. Pengerjaan kontraktur dimulai dari pembuatan clearing akses lahan menuju lokasi pekerjaan (bawah tebing).

Baca juga:  Pengamen Badut Bikin Ibu Hamil Trauma Diamankan Satpol PP Gresik

“Clearing ini pengerjaan membuat akses untuk menuju lokasi dan mobilitas material lewat bawah, yang masih berupa lahan kosong berbukit. Sehingga perlu perataan dan pembukaan akses jalan dari Jalan Mayjen Sungkono atau Jalan Sekardadu,” katanya, Jumat (22/7/2022). 

Menurutnya, upaya pembangunan penanganan longsor Bukit Pucem lebih permanen. Pihaknya pun sudah melakukan uitzet (kegiatan pengukuran ulang lapangan yang dilakukan pada tahap awal suatu pekerjaan pada area tertentu) dan persiapan lapangan bersama tim kontraktor, konsultan pengawas dan tim teknis lainnya. 

“Berdasarkan review kondisi lapangan dengan kedalaman tebing sekitar 40-5O meter, dan masih rawan longsor. Maka, secara teknis pekerjaan ini membutuhkan metode spesifik dan cukup kompleks,” ujar Hadi. 

Baca juga:  Awali Peringatan HUT Pemkab Gresik, Bupati dan Wabup Ziarah ke Makam Poesponegoro

“Kami harap kontraktor bisa lebih teliti dan antisipatif terhadap sulitnya lokasi pekerjaan,” harapnya. 

Ditambahkan, pembangunan upaya penanganan longsoran Pucem ini akan dapat mengamankan beberapa situs di atas bukit dan area sekitarnya. Apalagi di sekitar area longsor terdapat makam wali yang juga banyak dikunjungi peziarah.

“Kedepan bisa dibuka lagi akses jalan alternatif bagi warga sekitar dan masyarakat pengguna jalan pada umumnya,” tambahnya memungkasi. 

Diketahui, nilai pagu pembangunan longsor tersebut Rp 10 M, dengan nilai kontrak 9,4 milyar. Hasil lelang proyek dimenangkan oleh CV Madhava Karya Indonesia. (faiz/aam)

Komentar

Berita Terpopuler

Penetapan UMK Gresik 2023, Buruh Tuntut Kenaikan Gaji Sebesar Rp 4,9 Juta

GresikSatu | Penetapan Upah Minimum Kabupaten (UMK) 2023 di Gresik sepertinya akan berjalan alot. Antara pengusaha, buruh dan pemerintah belum menemukan titik terang. Untuk...

Ini Tampang Pesilat Pelaku Penganiayaan Pedagang Nanas di Driyorejo Gresik 

GresikSatu | Lima pelaku penganiayaan di Pasar Gadung, Driyorejo, Gresik sudah diamankan polisi. Kelima pelaku yang menewaskan Eko Bayu Asmoro (21) warga Desa Sumberejo,...

DPMPTSP Jatim Gencarkan Roadshow Pelayanan Perizinan Gratis di Gresik

GresikSatu | Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan DPMPTSP Gresik menggelar roadshow pelayanan perizinan gratis...

Profil Pelajar Pancasila sebagai Rekonstruksi Sosial pada Kurikulum Merdeka

Oleh : Sussi Widiastuti  Pemerintah telah melakukan perubahan sistemik untuk mengatasi krisis pembelajaran yang terjadi cukup lama yang diperparah oleh Pandemi Covid-19. Melalui Kurikulum Merdeka...

Sudah Diatur Perda, DPRD Gresik Minta Perekrutan Tenaga Kerja Perusahaan Harus Prioritaskan Warga Lokal

GresikSatu | Kalangan legislatif Kabupaten Gresik mengimbau kepada pihak perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Gresik, bisa mematuhi dua Peraturan Daerah (Perda), yang baru saja...
Berita terbaru
Berita Terkait