Sabtu, 20/08/2022 | 12:02 WIB
Gresik Satu
Berita Gres Pendidikan

Pemkab Gresik Buka Program Kejar Paket Ijazah, Untuk Anak Putus Sekolah

Gresiksatu.com
Ilustrasi jenjang sekolah
 Advertisement

GresikSatu | Kabar gembira bagi anak putus sekolah di Kabupaten Gresik. Kini Pemkab Gresik membuka program baru, namanya Jaketku (Kejar Paket Anak Putus Sekolah) di tahun ajaran baru 2022/2023. Tujuannya agar para siswa yang putus sekolah tetap bisa mengikuti pendidikan.

Program ini berasal dari Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Gresik, yang bersinergi dengan Dinas Pendidikan Gresik. Dari program ini sudah sedia paket A, B, dan C. Mulai ijazah tingkat SD, SMP, dan SMA. 

Kepala Seksi Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Dispendik Gresik Nur Hamidah mengatakan, selama ada informasi program Jaketku. Banyak masyarakat yang mengajukan mengikuti program ini. “Mayoritas mengikuti paket C atau ijazah SMA,” ucapnya, Jumat (8/7/2022). 

Menurutnya, pada pendaftar yang hendak mengikuti program ini bisa langsung datang ke pengurus PKK Desa masing-masing. Dari Desa, dilanjut ke Kecamatan lalu Dinas Pendidikan. Dari jumlah pengajuan program ini sudah 50 % pengajuan yang masuk.

“Tinggal memasukkan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) bagi para pendaftar. Sementara masih proses,” ujarnya. 

Para pendaftar jelas Hamidah, akan masuk ke Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) atau Sanggar Kegiatan Bersama (SKB). Di Gresik ada 11 PKBM dan 1 SKB. Adapun persyaratannya, cukup melampirkan fotokopi ijazah terakhir, raport terakhir sekolah, KK, dan KTP. 

“Semuanya gratis, tidak dipungut biaya apapun. Karena ini program Jaketku ini murni dari pemerintah, imbuhnya memungkasi. (faiz/aam)