21.4 C
Indonesia
Rab, 30 November 2022
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

21.4 C
Indonesia
Rabu, 30 November 2022 | 3:38:03 WIB

Penderita HIV Meningkat, Dewan Gresik Minta Pemerintah Kolaborasi dengan Ulama

GresikSatu | Meningkatnya angka penderita HIV (human immunodeficiency virus) di Kabupaten Gresik mendapat perhatian. Mayoritas dari penderita tersebut akibat hubungan seks lelaki sesama lekaki (LSL).

Interaksi hubungan seks yang tidak yang tidak sehat mendapat perhatian dari Ketua DPRD Gresik Muchammad Abdul Qodir. Menurut dia, perkara tetsebut harus segera ditanggulangi oleh Pemerintah.

“Pemerintah harus bekerja sama (kplaborasi) dengan Alim Ulama. Karena ada perilaku seks yang menyimpang,” katanya, Sabtu (24/9/2022).

Perilaku kaum nabi Lut ini sangat amoral. Kendati demikian, ujar dia meningkatnya angka penularan HIV juga disebabkan dari para pengguna narkotika.

“Jadi ini juga yang harus diantisipasi. Pemerintah harus melakukan kampanye pemerintah besar-besaran. Serta peran Satpol PP dalam menegakkan Perda tentang Narkotika, ketentraman masyarakat umum,” tutur Ketua DPC PKB Gresik itu.

[penci_related_posts dis_pview=”no” dis_pdate=”no” title=”Berita Terkait” background=”” border=”” thumbright=”no” number=”1″ style=”list” align=”none” withids=”” displayby=”cat” orderby=”date”]

Bagaimana nanti kemudian, tambah politisi F-PKB itu lokasi-lokasi yang disinyalir menjadi tempat maraknya peredaran narkoba, termasuk seks yang menyimpang bisa ditekan,” tambahnya memungkasi.

Sebelumnya, penularan virus HIV (human immunodeficiency virus) menjadi perhatian serius bagi kalangan masyarakat Gresik. Lantaran kasus tersebut dalam tahun ini terus meningkat. Mayoritas faktor resiko penyebab peningkatannya akibat LSL (lelaki suka lelaki).

Dari data Dinkes Gresik, penemuan kasus HIV tahun 2021 sebanyak 65 pasien. Meningkat 40 pasien di tahun 2022 ini. Dengan total ada sebanyak 105 pasien sampai bulan Agustus.

“Dari jumlah 105 tersebut, faktor resiko penularan yang paling banyak adalah lelaki suka lelaki (LSL). Dengan prosesntase 46 persen,” ucap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Gresik dr Puspitasari Whardani.

Sedangkan prosentase 54 persen bermacam-macam faktor. Untuk faktor terbanyak kedua setelah LSL penyebab gejala HIV yakni, dari faktor resiko wanita pekerja seks (WPS). Ketiga, pasangan dari pasien positif HIV.

Baca juga:  Nasib Sopir Angkutan Kota Gresik, Sepi Penumpang dan Terancam Punah

“Saat ditemukan pasien HIV positif, maka petugas kesehatan akan melaksanakan pemeriksaan kepada pasangan tersebut,” jelasnya. (Faiz/Tov)

Komentar

Berita Terpopuler

Penetapan UMK Gresik 2023, Buruh Tuntut Kenaikan Gaji Sebesar Rp 4,9 Juta

GresikSatu | Penetapan Upah Minimum Kabupaten (UMK) 2023 di Gresik sepertinya akan berjalan alot. Antara pengusaha, buruh dan pemerintah belum menemukan titik terang. Untuk...

DPMPTSP Jatim Gencarkan Roadshow Pelayanan Perizinan Gratis di Gresik

GresikSatu | Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan DPMPTSP Gresik menggelar roadshow pelayanan perizinan gratis...

Polsek Driyorejo Bekuk Pelaku Curanmor, Sepeda Motor Langsung Dikembalikan ke Pemiliknya 

GresikSatu | Jajaran Unit Reskrim Polsek Driyorejo membekuk pelaku kasus pencurian sepeda motor di Desa Krikilan, Kecamatan Driyorejo, Gresik. Pelaku diketahui bernama Ikbal S...

Baru Menikah Satu Bulan, Pasutri di Gresik Terlibat Kecelakaan, Suami Meninggal, Istri Luka-luka 

GresikSatu | Nasib nahas dialami pasangan suami istri (pasutri) Budi Masangga Setiawan (23) dan Izzatul Muhida (24). Pasangan muda, yang baru saja menjalin rumah...

Korban Sodomi di Gresik Alami Gejala Sering Meludah, Gara-gara Trauma Mengulum Alat Vital Pelaku

GresikSatu | Nasib korban sodomi di Kabupaten Gresik terus menjadi perhatian. Bocah AR yang menjadi korban masih mengalami trauma, bahkan saat ini, korban masih...

Enak-enak Tidur Nyenyak, Rumah Warga Driyorejo Gresik Dilahap Api

GresikSatu | Sebuah rumah di Desa Mojosarirejo, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik dilahap api. Rumah milik Subandi ini tersisa pondasi tembok, kayu penyangga serta atap...
Berita terbaru
Berita Terkait